456 Koperasi Tak Aktif, 50 Koperasi di Kota Jambi akan Dibekukan

456 Koperasi Tak Aktif, 50 Koperasi di Kota Jambi akan Dibekukan
Dinsosnaker Koperasi UKM Kota Jambi (Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kota Jambi tahun ini berencana akan membekukan 50 koperasi yang dianggap sudah tidak aktif. 

Syahril Samingin Kadis Sosnaker Koperasi UKM Kota Jambi, mengatakan saat ini jumlah koperasi yang terdata di Disosnaker dan UKM Kota  berjumlah 674 koperasi. Dari 674 tersebut hanya 218 koperasi yang masih aktif sedangkan 456 tidak aktif. 

Menurut Syahril tidak aktifnya koperasi tersebut dikarenakan telah 3 tahun atau 3 kali berturut - turut tidak melakukan RAT (Rapat anggota tahunan). Rapat tersebut dianggapnya sangat penting karena untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas anggota koperasi. 

"Koperasi yang dianggap dak aktif tu koperasi yang dak melalukan RAT, itu sangat penting kareno untuk ningkatkan kwalitas dan kwantitas sumber daya anggota," jelas Kadis Dinsosnaker, Koperasi dan UKM Kota Jambi ini, Jum'at (12/07). 

Ditambahkan Syahril bahwa tahun ini akan ada 50 Koperasi yang akan dibekukan. Pihaknya dalam waktu dekat akan turun kelapangan mengecek langsung koperasi - koperasi tersebut. 

"Tahun lalu kita sudah mengajukan 95 koperasi ke Jakarta untuk dibekukan jadi jika digabungkan dengan tahun ini kemungkinan jumlah total Koperasi yang dibekukan berjumlah 145 Koperasi," pungkasnya. (RED

Reporter : Dewi Anita