Anggaran Pilkada 2020 Berkurang, KPU Provinsi Jambi Bagi Beban ke Daerah

Anggaran Pilkada 2020 Berkurang, KPU Provinsi Jambi Bagi Beban ke Daerah
Ketua KPU provinsi Jambi HM Subhan (Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Anggaran Pilkada Gubernur Jambi berkurang menjadi Rp 186,3 miliar. Awalnya pihak KPU Provinsi Jambi menganggarkan rancangan biaya untuk Pilkada Gubernur Jambi sebesar Rp370 miliar.

Hal ini lantas banyak menjadi sorotan karena kenaikan anggaran yang sangat signifikan dari periode sebelumnya. Saat ini anggaran tersebut sudah berkurang menjadi Rp186,3 miliar lebih. 

Ketua KPU Provinsi Jambi, M. Subhan mengatakan bahwa berkurangnya rancangan anggaran Pilkada Gubernur yang mereka susun saat ini, dari rancangan sebelumnya karena sudah dilakukan rasionalisasi anggaran dengan pihak KPU Kabupaten Kota. Jika tidak, maka anggaran yang ada akan seperti yang sudah direncanakan sebelumnya.

"Kami sudah berdiskusi dengan pihak KPU Kabupaten Kota yang melaksanakan Pilkada serentak untuk membagi beban anggaran ke masing-masing daerah," ucap Subhan.  

Pembagian anggaran yang kemudian menjadi tanggungjawab KPU Kabupaten/Kota jumlahnya ada 12 item. Diantaranya adalah soal honor PPK, PPS dan KPPS. 

Dengan sudah dilakukannya rasionalisasi anggaran dengan pihak KPU Kabupaten/kota, berharap anggaran yang dirancang saat ini tidak terlalu ditekan oleh pihak Provinsi Jambi.

"Sebab, diakuinya anggaran saat ini sudah realistis dengan tahapan yang akan mereka jalankan," katanya. (RED)

Reporter : Dewi Anita