Enam Pencuri Emas Kambuhan Dibekuk Polisi Solok Selatan

Enam Pencuri Emas Kambuhan Dibekuk Polisi Solok Selatan

BRITO,ID, BERITA PADANG ARO - Polres Solok Selatan, Sumatera Barat, berhasil menangkap enam orang komplotan pencuri 185 gram perhiasan emas milik warga di empat lokasi berbeda setelah melakukan penelusuran selama tiga pekan.

Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto didampingi Kasat Reskrim AKP Mochammad Rosidi, di Padang Aro, Sabtu, mengatakan setelah melakukan penelusuran polisi berhasil menangkap YR (19) dan SM (23) di Kota Padang pada Rabu (20/2).

"Setelah dikembangkan diketahui ada rekannya LA (22), AS (23) Dan AR (23) di Sangir Jujuan dan Abai pada Kamis 21/2 kemudian pada Jumat 22/2 ditangkap Penadahnya HM (32) di Dharmasraya," kata dia.

Bersama pelaku diamankan barang bukti berupa dua unit kendaraan roda dua Yamaha RX king yang digunakan sebagai alat dalam melancarkan aksinya.

Selain itu tiga unit gawai merek Oppo dan dua unit samsung, empat lempeng emas serta satu cincin dengan berat 178,3 gram.

Dia mengatakan, perhiasan emas yang dicuri oleh pelaku berupa satu gelang, satu kalung dan liontin beserta tiga cincin.

Setelah berhasil mengambilnya kemudian barang tersebut dibawa ke abai dan kemudian dilebur untuk mengetahui kadarnya.

KBO Reskrim Polres Solok Selatan Ipda Alwizi menambahkan, kejadian berawal pada Selasa (5/2), tersangka YR mendapatkan informasi korban memiliki sebuah tempat penyimpanan emas rahasia di dalam salah satu ruangan tempat tidurnya.

Setelah itu ia menghubungi SM dan terjadilah mufakat jahat untuk melakukan pencurian terhadap korban.

Senin Sore YR meminta SM untuk mengantarkannya pada Selasa subuh menuju rumah korban dan selanjutnya tersangka YR memanjat rumah korban melalui belakang.

Kemudian pelaku YR bersembunyi di atas loteng sembari menunggu korban pergi dari rumah, sedangkan tersangka SM kembali pulang. Selanjutnya Selasa pukul 09.00 WIB korban keluar rumah sehingga ke adaan rumah kosong dan tersangka YR turun dari atas balkon rumah menuju ke dalam rumah.

Sampai di kamar korban YR langsung memeriksa ke bawah tempat tidur dan di dapati satu ubin lantai yang agak berongga, dan setelah di buka, ternyata memang ada emas di dalamnya, dan langsung mengambilnya dan melarikan diri bersama SM dan menghubungi tersangka lainnya yaitu LA, AS, dan HM untuk membantu mencarikan pembeli.

"Para pelaku kemudian menjual emas tersebut kepada AR sebagai penampung," katanya.(RED)