Heboh! Polres Bungo-Jambi Diserang OTK, Ternyata....

Polres Bungo Jambi, Kamis (21/10) tiba-tiba diserang oleh orang tak dikenal. Pria ini menggunakan motor menerobos masuk ke Polres, namun anggota kepolisian sigap dan mencegah pelaku dengan meringkusnya. Ternyata pelaku melawan dan akhirnya polisi mengambil tindakan tegas dan terukur.  Tak lama kemudian tim INAFIS melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dimana pelaku masih tergeletak. Diketahui beberapa peristiwa ini merupakan kegiatan Alarm Selling yang digelar Polres Bungo untuk mengantisipasi terjadi serangan mendadak. 

Heboh! Polres Bungo-Jambi Diserang OTK, Ternyata....
Penangkapan OTK di Mapolres Bungo Jambi dalam rangka Alarm Selling cek kesiapsiagaan personil Polres Bungo. (Ari/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Polres Bungo Jambi, Kamis (21/10) tiba-tiba diserang oleh orang tak dikenal. Pria ini menggunakan motor menerobos masuk ke Polres, namun anggota kepolisian sigap dan mencegah pelaku dengan meringkusnya. Ternyata pelaku melawan dan akhirnya polisi mengambil tindakan tegas dan terukur. 

Tak lama kemudian tim INAFIS melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dimana pelaku masih tergeletak. Diketahui beberapa peristiwa ini merupakan kegiatan Alarm Selling yang digelar Polres Bungo untuk mengantisipasi terjadi serangan mendadak.

Tak hanya itu, latihan simulasi sistem pengamanan Markas Komando (Sispam Komando) dengan melakukan pengamanan unjuk rasa yang berlangsung anarkis. Serta bagaimana penanganan aksi ini secara humanis. 

Kegiatan ini dpimpin Kapolres Bungo AKBP  Guntur Saputro didampingi Waka Polres Bungo Kompol Ridwan Jason Maruli hutagaol. Diikuti Kabag Ops Polres Bungo AKP. Sandy Mutaqqin Pranayudha. Kegiatan yang dipusatkan di seputaran Mapolres Bungo. 

Diketahui Alarm Selling cek kesiapsiagaan personil sarana dan prasarana dalam pengendalian massa, serta latihan simulasi sistem pengamanan markas komando (sispam mako).

Simulasi ini upaya meningkatkan keamanan mako dan bertujuan untuk membekali personil Polres Bungo agar memiliki kemampuan taktik dan teknik dalam operasi pengamanan Polres Bungo.

Adapun pelaksanaan simulasi sispam mako ini diwali mendengar tanda berupa alarm menandakan situasi berbahaya. Kemudian selanjutnya seluruh Personil Polres Bungo segera berlarian mengambil posisi masing-masing yang telah ditentukan guna bersiaga dalam menghadapi segala kemungkinan situasi yang akan terjadi.

Kapolres Bungo AKBP. Guntur Saputro melalui Kabag Ops Polres Bungo AKP. Sandy Mutaqqin Pranayudha mengatakan, dengan adanya latihan simulasi sispam mako ini bertujuan untuk melatih seluruh Personil Polres Bungo agar lebih sigap dan cekatan dalam melaksanakan pengamanan.

“Pelatihan sispam mako atau sistem pengamanan mako ini sangat perlu dilakukan guna memberikan gambaran kepada seluruh anggota polres bungo bilamana terjadi hal-hal yang berhubungan dengan keamanan mako, serta mengantisipasi dan mencegah upaya pengrusakan maupun serangan fisik terhadap mapolres bungo yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab," katanya 

Tujuan alarm stelling dan cek kesiapsiagaan untuk melatih responsivitas personil serta kesiapan sarana guna kesiagaan Polres Bungo dalam menghadapi situasi kamtibmas serta kondisi kontijensi yang sewaktu-waktu memerlukan kehadiran Polri. (red/ari).