Nih! Lengkuas Dipercaya Mengatasi Impotensi

Banyak bumbu dapur yang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan digunakan sebagai obat alami. Salah satunya adalah lengkuas atau dikenal dengan laos.

Nih! Lengkuas Dipercaya Mengatasi Impotensi

BRITO.ID, BERITA JAKARTA – Banyak bumbu dapur yang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan digunakan sebagai obat alami. Salah satunya adalah lengkuas atau dikenal dengan laos.

Lengkuas memiliki kandungan antioksidan tinggi dan vitamin C serta bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

 

Selain itu, sifat tersebut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan motilitas sperma, dan menunda penuaan.

Dirangkum Ringtimes Bali dari laman Health Benefits Times, berikut manfaat lengkuas yang perlu diketahui diantaranya.

1. Mengobati infertilitas

Infertilitas ini merupakan keadaan seseorang yang tidak subur atau ketidakmampuan untuk menghasilkan keturunan. Dengan kualitas sperma yang menurun muncul kemungkinan kemandulan. 

Pasangan yang ingin hamil di mana masalah kualitas sperma rendah hanya memiliki IVF sebagai pilihan. Oleh karena itu, metode lain yang kurang invasif untuk meningkatkan kualitas sperma sangat penting. 

Berbagai uji klinis menunjukkan bahwa lengkuas berpotensi meningkatkan kesuburan yaitu dengan menghasilkan spermato-genesis, pembuatan sperma, sehingga meningkatkan jumlah sperma. 

Selain itu, juga dapat meningkatkan motilitas sperma, yang merupakan pergerakan sel sperma. Dengan demikian, alternatif bumbu dapur tersebut perlu dicoba untuk meningkatkan kesuburan.

2. Menyembuhkan beberapa masalah kulit dan alergi

Akar lengkuas dapat langsung digunakan untuk menggosok bagian kulit yang terinfeksi jamur. Di Jawa, orang biasa menggosokkan lengkuas di daerah bercak putih akibat jamur kulit yang oleh orang Indonesia disebut panu dengan irisan lengkuas.

Diketahui juga bahwa lengkuas dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit lainnya seperti eksim, luka bakar dan gatal pada kulit.

Penggunaanya yaitu dengan cara mengoleskan daging buah pada kulit sebanyak 2 - 3 kali sehari.

Apabila seseorang mengalami alergi terhadap udang, ikan, atau makanan laut lainnya dan hal itu membuat kulit gatal, minum tonik atau teh lengkuas setiap hari dapat menghilangkan alergi secara bertahap.

3. Menghilangkan masalah ketombe dan kulit kepala

Efek antijamur lengkuas dapat dioleskan pada hampir seluruh area kulit yang terinfeksi jamur tidak terkecuali pada kulit kepala. 

Jamur bisa menginfeksi kulit kepala dan mengakibatkan ketombe. Dalam penggunaanya, bisa langsung mengoleskannya pada kulit kepala atau mencampurkan sebagian parutan lengkuas dengan minyak zaitun lalu mengoleskannya pada area kulit kepala yang terinfeksi jamur.

4. Menjaga stamina tubuh

Orang Indonesia biasa mencampurkan lengkuas dengan bahan lain seperti bawang putih, merica, asam jawa, dan lain-lain untuk menghasilkan tonik yang disebut jamu.

Tonik ini diharapkan dapat menjaga stamina tubuh jika dikonsumsi tiga kali sehari dan membantu meredakan kelelahan otot.

5. Impotensi

Kondisi yang disebut dengan lemah syahwat ini bisa diatasi dengan obat alami lengkuas. Cara penggunaanya yaitu dengan mengunyah sepotong lengkuas di mulut dapat meningkatkan gairah seksual. 

Di negara-negara Arab lengkuas digunakan sebagai afrodisiak dan orang-orang di negara-negara Asia Tenggara sering menggunakan lengkuas dalam pengobatan gangguan menstruasi.

Penelitian membuktikan bahwa ekstrak polisakarida lengkuas yang dilarutkan dalam air panas memiliki efek stimulasi terhadap perkembangan sel reticulo endothelial system (RES).

Selain itu, juga dapar meningkatkan jumlah sel eksudat peritoneal dan sel limpa yang berperan dalam sistem imun tubuh. 

Dalam penelitian Ye Ying Li Bao menunjukkan bahwa 1′S-1′-acetoxychavicol acetate yang diisolasi dari ekstrak lengkuas memiliki Anti human immunodeficiency virus tipe 1 dan menghalangi replikasi virus.

7. Menunda penuaan

Antioksidan yang terkandung dalam lengkuas memiliki dampak yang besar untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh yang juga memicu penuaan.

Selain itu, kandungan Vitamin C dalam lengkuas juga berperan dalam peremajaan sel kulit dan menjauhkan kulit dari penuaan.

Selain ditemukan dalam obat alami seperti jamu, lengkuas juga digunakan dalam industri kosmetik dengan menggunakan ekstrak lengkuas dalam upaya menciptakan formula anti penuaan. 

Lengkuas memiliki aksi ekspektoran dan berguna dalam banyak masalah pernapasan, terutama untuk anak-anak yang menderita batuk rejan.

Orang-orang mencampurkan ekstrak lengkuas dengan air panas untuk meredakan nyeri dada, sakit tenggorokan dan membersihkan suara di India.

Dengan mencampur sedikit bubuk lengkuas atau seduh irisan lengkuas dalam air matang dengan jeruk nipis. Hal ini bisa menjadi tonik yang bisa meredakan batuk dan masalah tenggorokan.

9. Meringankan Catarrh

Penyakit selesema adalah kondisi produksi lendir yang berlebihan di rongga hidung yang disebabkan oleh peradangan pada selaput lendir. Catarrh adalah gejala seseorang yang menderita pilek atau flu. 

Bubuk lengkuas dapat digunakan sebagai tembakau yang membantu menghilangkan penyakit selesema. Masukkan saja 15-30 gram bubuk lengkuas ke dalam air panas lalu hirup.

10. Mengurangi sakit telinga

Terkadang infeksi di telinga mengganggu aktivitas kita dan bisa menjadi parah jika membiarkan rasa sakit tetap di telinga. 

Lengkuas dapat membantu mengurangi rasa sakit di telinga yang disebabkan oleh peradangan. 

Cara penggunaanya yaitu dengan cara memarut lengkuas dan peras cairannya lalu taruh di telinga.

11. Memperkuat akar rambut dan meningkatkan kesehatan rambut

Efek kardiovaskular lengkuas juga menunjukkan manfaatnya bagi pertumbuhan akar rambut. Efek kardiovaskular yang sehat dari lengkuas meningkatkan pengangkutan oksigen ke akar rambut dan meningkatkan kekuatan rambut.

12. Mengurangi gejala osteoartritis

Penelitian yang menggunakan randomized double-blind placebo terkontrol menunjukkan bahwa ekstrak pekat lengkuas terbukti dapat mengurangi gejala dan nyeri secara signifikan pada pasien osteoartritis dan menderita nyeri lutut yang parah.

13. Meningkatkan sirkulasi darah

Herbal dinyatakan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun yang ada di tubuh Anda. Dengan begitu, lengkuas meningkatkan sirkulasi darah dan memungkinkan masuknya nutrisi ke jaringan kulit. 

Demikian pula, sifat antioksidan yang dimiliki oleh bahan alami tersebut dapat mencegah racun berbahaya disimpan dalam tubuh. Ketika racun yang tidak diinginkan dikeluarkan dari tubuh, maka aktivitas sistem peredaran darah meningkat.*

Sumber: PikiranRakyat

Editor: Ari