Sampaikan Tanggapan Pandangan Fraksi, Ini yang Disampaikan Gubernur Jambi

Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi dalam rangka penyampaian tanggapan dan penjelasan Gubernur Jambi atas pandangan umum Fraksi-fraksi terhadap rancangan perubahan APBD Provinsi Jambi Tahun 2020 yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra, kembali digelar, Rabu (16/9/2020).

Sampaikan Tanggapan Pandangan Fraksi, Ini yang Disampaikan Gubernur Jambi
Rapat Paripurna yang Digelar DPRD Provinsi Jambi (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi dalam rangka penyampaian tanggapan dan penjelasan Gubernur Jambi atas pandangan umum Fraksi-fraksi terhadap rancangan perubahan APBD Provinsi Jambi Tahun 2020 yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra, kembali digelar, Rabu (16/9/2020).

Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menjelaskan Perubahan APBD tahun anggaran 2020 adalah proyeksi ekonomi makro daerah yang tidak sesuai lagi dengan asumsi pada APBD murni tahun anggaran 2020 dikarenakan pandemi Covid-19, sehingga terjadi perlambatan bahkan kontraksi pertumbuhan ekonomi dan penurunan indikator makro lainnya yang mengakibatkan terjadi perubahan pada beberapa pos pendapatan daerah dari yang telah ditetapkan pada APBD Murni tahun 2020.

“Sehingga harus dilakukan penyesuaian belanja, serta hanya kebijakan secara nasional rangka penanganan dampak Covid-19 juga menjadi hal mendesak lainnya yang harus diakomodir dalam Perubahan APBD 2020,” ujar Fachrori.

Fachrori mengatakan, RKPD Provinsi Jambi Tahun 2020, pertumbuhan ekonomi ditargetkan pada kisaran 5 sampai 5,5 persen. Namun dikarenakan Pandemi Covid-19, asumsi tersebut tentu sudah tidak sesuai lagi, sehingga pada Perubahan RKPD Provinsi Jambi Tahun 2020 telah dilakukan perhitungan ulang dan diproyeksikan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi hanya mampu tumbuh minus 0,35 sampai 0,65 % .

“Perubahan target pertumbuhan ekonomi berkorelasi dengan target angka kemiskinan dan Tingkat Pengangguran Terbuka. Dalam Perubahan RKPD Provinsi Jambi Tahun 2020, angka kemiskinan diproyeksikan sebesar 8,2 sampai 9,2 persen dan Tingkat Pengangguran Terbuka diproyeksikan sebesar 5,03 sampai 5,5 persen,” katanya.

Selain itu, Fachrori mengatakan, Perubahan APBD Provinsi Jambi Tahun 2020 diutamakan untuk penanganan dampak Covid-19 di Provinsi Jambi.

"Perubahan APBD Kita utamakan untuk penanganan Covid-19," tegasnya.

Penulis: Herman

Editor: Rhizki Okfiandi