3 Calon PPK Laporkan KPU Kota Jambi ke Bawaslu, Begini Hasilnya

3 Calon PPK Laporkan KPU Kota Jambi ke Bawaslu, Begini Hasilnya
Ketua Bawaslu Kota Jambi Ari Juniarman (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Bawaslu Kota Jambi sudah menentukan putusan 3 laporan yang masuk untuk proses pelaksanaan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Setelah dilakukan klarifikasi lembaga pengawasan, 3 laporan tersebut menyimpulkan bahwa itu tidak masuk dalam ranah pelanggaran.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ari Juniarman Ketua Bawaslu Kota Jambi saat dikonfirmasi Rabu (5/2/2020).

"Setelah kita melakukan dan klarifikasi kepada 3 pelapor dan juga KPU Kota Jambi selaku terlapor diputuskan bahwa itu tidak masuk dalam pelanggaran pemilihan," ungkap Ari.

Ari mengatakan dengan adanya putusan tersebut, maka kasus ini dinyatakan tidak memenuhi unsur pelanggaran dan tidak bisa ditindak lanjuti. Berarti KPU Kota Jambi sudah menjalani peraturan sebagaimana mestinya.

"Terhadap hal itu, para pelapor harus mengikuti keputusan tersebut dan membenarkan apa keputusan yang sudah diambil oleh KPU Kota Jambi untuk mencoret 3 pelapor tersebut dalam persyaratan administrasi," pungkasnya.

Untuk diketahui, 3 calon anggota PPK untuk Pilgub Jambi 2020 melaporkan kepada Bawaslu karena KPU mencoret namanya atas dasar yang menurutnya tidak kuat. 2 orang diantaranya dicoret karena indikasi sebagai bagian dari partai politik dan sisanya terkendala persyaratan. 

Penulis: Dewi Anita

Editor: Rhizki Okfiandi