Buka Rakor Penanganan Pengaduan Lingkungan Hidup, Evi: Pentingnya Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat
BRITO.ID, BERITA JAMBI - Kepala DLH Provinsi Jambi Evi Frimawaty secara resmi membuka Rakor Penanganan Pengaduan Lingkungan Hidup di ruang aula DLH Provinsi Jambi, Kota Baru.
BACA JUGA
Sabu 8 Kilogram Dikirim dari Medan Menuju Jambi, Nilainya 1,6 Miliar
Dalam kesempatan tersebut Evi mengharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan koordinasi dalam pembinaan penanganan pengaduan lingkungan, dengan pos pengaduan lingkungan kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, penguatan kapasitas DLH Provinsi Jambi dan kabupaten/kota dalam pelayanan penanganan pengaduan kasus LH.
Tak hanya itu Evi juga mengharapkan terwujudnya institusi LH yang responsif, transparan, partisipatif, cepat dan akuntabel. Serta terwujudnya penanganan pengaduan dengan pola kerja dan waktu yang tepat dan efesien.
"Saat ini kita memiliki kendala. Diantaranya tidak memiliki sarana dan prasarana, belum memiliki PPLH/PPLD dan PPNS untuk pengawasan, penyusunan sanksi administratif, pemberkasan dan penyusunan gugatan atau penyusunan tuntutan," kata Evi Frimawaty.
Meski demikian, kendala tersebut tidak mengurangi maksud dari pertemuan ini. Tentunya pertemuan ini mampu terselesaikannya verifikasi pengaduan terkait kasus-kasus dugaan pencemaran atau kerusakan lingkungan. Bisa juga merekomendasi penanganan pengaduan yang dikelola melalui penerimaan, penelaahan dan klarifikasi penerusan kepada pihak terkait yang berwenang atau ditanda tangani langsung.
BACA JUGA
Polda Jambi Gagalkan Penyelundupan 8 Kg Sabu yang Disembunyikan di Dalam Ban Serep
"Kedepan kita menginginkan adanya peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap penyelesaian pengaduan secara cepat dan tepat untuk perlundungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan hutan," pungkas Evi Frimawaty. (sai)