Kisruhnya Papua, FKUB Kerinci Sebut Waspadai Oknum Menunggangi Merusak NKRI

Kisruhnya Papua, FKUB Kerinci Sebut Waspadai Oknum Menunggangi Merusak NKRI
Ketua FKUB Kerinci Dr Hadi Candra (brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Peristiwa kericuhan di Manokwari atas persekusi mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang menjadi perhatian serius bagi seluruh tokoh di Indonesia. Tak luput juga tokoh Jambi memberikan pandangan.

Dr Hadi Candra S.Ag, M.Pd Ketua FKUB Kerinci memberikan pandangannya atas kejadian ini.

"Peristiwa di Manokwari tidak terkait denga persoalan agama. Dan ini murni persoalan sosial dan kesalahpahaman, semua pihak agar menahan diri. Kita berharap agar pemuka agama agar dapat memberikan pemahaman kepada yang positif kepada masyarkat terutama para tokoh masyarakat, tokoh agama dan unsur pemerintah daerah," ujarnya, Kamis (22/8) dikonfirmasi BRITO.ID.

Hadi berharap agar persoalan ini tidak digiring mengarah ke agama yang justru bisa tambah memperkeruh suasana. Diapun meminta kepada aparat untuk bertindak cepat dan bijaksana dan profesional. 

Serta melakukan penegakan hukum terhadap tindakan-tindakan melawan hukum dan mengungkap para pelaku kerusuhan dan aktor-aktor yang memprovokasi sehingga terjadinya peristiwa itu.

"Kita semua harus berhati-hati dan waspada agar peristiwa ini tidak ditunggangi pihak tertentu yang sengaja untuk merusak keutuhan NKRI. Kita berharap kedepan lembaga pendidikan tinggi harus betul-betul berperan penting dalam dalam menumbuhkan sikap rukun dan damai serta toleran terhadap keragaman bangsa kita Indonesia," ujar Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Kerinci. (RED)