Munas HIPMI, 3 Kandidat Bakal Bersaing Ketat

Musyawarah Nasional (Munas) XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) segera memilih ketua umum baru untuk kepemimpinan periode 2022-2025. Agenda pemilihan dilaksanakan melalui Sidang Pleno IV di Hotel Alila Solo, Selasa, 22 November 2022.

Munas HIPMI, 3 Kandidat Bakal Bersaing Ketat
Suasana debat kandidat kedua calon ketua umum HIPMI yang digelar di Meruorah Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Jumat malam, 4 November 2022 (sumber: Istimewa)

BRITO.ID, BERITA SOLO - Musyawarah Nasional (Munas) XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) segera memilih ketua umum baru untuk kepemimpinan periode 2022-2025. Agenda pemilihan dilaksanakan melalui Sidang Pleno IV di Hotel Alila Solo, Selasa, 22 November 2022.

Rangkaian sidang pleno IV akan diawali dengan pengumuman bakal calon ketua umum (caketum) BPP HIPMI. Kemudian, dilanjutkan penetapan caketum, penyampaian visi-misi caketum, pemilihan dan penetapan ketua umum, pemilihan dan penetapan mide formatur, dan penetapan dewan pembina, dewan penghormatan, dan dewan etik BPP HIPMI.

Ada tiga kandidat dalam pemilihan ketua umum BPP HIPMI tersebut, yaitu Akbar Himawan Buchari, Bagas Adhadirgha, dan Anggawira. Berikut profil masing-masing kandidat tersebut.

1. Akbar Himawan Buchari

Latar belakang Akbar adalah sebagai pengusaha bidang properti dan logistik. Di BPP HIPMI, Akbar saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua.

Akbar juga merupakan anggota DPRD Sumatra Utara Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar). Ia juga aktif di Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumatera Utara dan menjabat sebagai Ketua Umum. Ia merupakan Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sumatera Utara.

2. Bagas Adhadirgha

Bagas merupakan seorang pengusaha bidang general aviation dan airport. Ia merupakan CEO Asia Aero Technology. Saat ini, ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal BPP HIPMI. Bagas merupakan chairman untuk keketuaan ASEAN Young Entrepreneurship Council (AYEC) di Indonesia selama setahun mendatang.

3. Anggawira

Anggawira adalah seorang pengusaha di sektor batu bara. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Bidang Keuangan Perbankan BPP HIPMI.

Anggawira juga aktif di sejumlah organisasi, seperti Asosiasi Pemasok Energi Mineral dan Batu Bara (Aspebindo) dan menjabat sebagai Ketua Umum pada 2021 lalu. Ia menjadi Wakil Ketua Badan Riset dan Teknologi Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Indonesia, pada 2021 hingga sekarang. Di Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia, ia didapuk sebagai Ketua Bidang Investasi.

Dihubungi terpisah, Bagas Adhadirgha mengungkapkan kesiapannya untuk berkompetisi dalam ajang pemilihan ketua umum HIPMI hari ini.

"Kita untuk menyelenggarakan hal-hal seperti ini adalah kita bertanding untuk bersaing, agar jiwa kompetisi selalu membakar anak muda agar timbul kreatifitas dalam mengasah jiwa kepemimpinan dan berorganisasi yang baik," kata Bagas.

Meski bertanding, Bagas mengatakan tidak serta merta melupakan sebuah makna persahabatan yang sudah terbentuk lama.

"Saya dengan calon ketua umum lainnya kebetulan sudah berteman lebih dari 7 tahun," ucap dia.

Bagas mengaku sangat bersyukur memiliki mentor-mentor yang luar biasa di HIPMI. Menurutnya, HIPMI telah melahirkan banyak tokoh kepemimpinan nasional, termasuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Presiden Jokowi, yang hadir untuk membuka rangkaian Munas HIPMI, kata Bagas, telah banyak memberikan arahan untuk para pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI. 

"Banyak sekali arahan-arahan yang akurat untuk pengusaha-pengusaha muda seperti kami ini. Ini kami jadikan bekal untuk terus melakukan hal-hal baik bagi HIPMI itu sendiri dan negeri ini," tuturnya.

Sumber: tempo.co

Editor: Ari