Pulang ke Merangin, Gubernur Al Haris Berbicara Tentang Jabatan

Gubernur Jambi Dr Al Haris, meminta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk tidak menikmati suatu jabatan. Ditegaskannya bahwa jabatan adalah amanah dan tanggung jawab terutama untuk melayani masyarakat.

Pulang ke Merangin, Gubernur Al Haris Berbicara Tentang Jabatan
Gubernur Jambi Al Haris (ist)

BRITO.ID, BERITA MERANGIN - Gubernur Jambi Dr Al Haris, meminta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk tidak menikmati suatu jabatan. Ditegaskannya bahwa jabatan adalah amanah dan tanggung jawab terutama untuk melayani masyarakat. 

Pernyataan ini disampaikannya saat serah terima jabatan Bupati Merangin dari Dr Al Haris kepada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati H Mashuri, di Aula Rumah Dinas Bupati Merangin, Sabtu malam (10/07/2021). 

"Seandainya kita nikmati suatu jabatan, kita bisa menyalahi kewenangan, kita akan salah sasaran, jabatan harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab" ujar Gubernur. 

Pada kesempatan ini Al Haris menandatangani buku memori yang diserahkan kepada Plt Bupati Merangin H Mashuri dan menyerahkan secara simbolis kunci kendaraan roda 4 milik Pemerintah Kabupaten Merangin.

Gubernur juga meminta semua pihak untuk bergerak cepat, terpadu dan bersinergi untuk menanggulangi penyebaran virus Corona. 

“Sehubungan dengan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih cukup tinggi beberapa langkah-langkah strategis terkait penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di setiap acara perlu diperketat, di sini sudah menjalankan sesuai dengan protokol kesehatan," ujarnya.

Dikatakan Al Haris bahwa dalam  menghadapi pandemi ini bermacam macam persoalan yang timbul ditengah tengah masyarakat. 

"Sewaktu dites pasien negatif, tapi setelah meninggal positif, ini perlu penanganan yang jelas, untuk itu Pemerintah Provinsi Jambi berencana akan membeli mobil swab. Dalam menghadapi pandemi Covid-19 perlu dilakukan testing massif, trecking massif dan edukasi, sehingga untuk mempercepat proses testing atau pemeriksaan sampel swab memang perlu memiliki alat swab tambahan. Untuk itu Pemerintah Provinsi Jambi berencana membeli 2 unit mobil swab yang akan di pergunakan untuk daerah yang membutuhkan," ujar Al Haris

“Dalam kondisi  saat ini masyarakat sedang susah dalam menghadapi wabah, ini lah tantangan yang sedang kita hadapi, bagaimana cara kita berpikir bersama- sama untuk mencarikan jalan, solusi, untuk menghidupkan kembali perekonomian masyrakat ditengah tengah wabah yang sedang melanda, " sambung Haris

Dikatakan Al Haris dalam kondisi pandemi saat ini masyarakat dalam keadaan susah, para ASN juga diharapkan  hidup dalam kesederhanaan. 

Dalam kesempatan ini Al Haris  mengucapkan banyak terimakasih atas segala dukungan, bantuan, dan doa masyarakat di Kabupaten Merangin  selama memimpin Kabupaten Merangin.

"Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Merangin, para Kepala OPD dan seluruh Camat, Kepala Desa. Selama 7,5 tahun saya memimpin Kabupaten Merangin tentu ada salah dan khilaf, untuk itu saya mohon maaf, karena kami akan pindah tugas, di Jambi, " ungkapnya. 
 
Sementara itu Plt Bupati Merangin H. Mashuri menyampaikan, ucapan terima kasih atas kunjungan perdananya setelah dilantik menjadi Gubernur.

"Bapak Gubernur kita ini merupakan orang yang rendah hati, beliau tidak merasa dirinya sebagai pejabat tinggi, pada hal sudah menjadi Gubernur , tapi merasa biasa saja,” ujar Bupati

Pada kesempatan ini Plt Bupati juga menyampaikan rasa kebanggaannya atas Putra Merangin  bisa menjadi Gubernur,  ketika anak didiknya bisa menjadi gubernur itu kebanggaan luar biasa sambil meneteskan air mata. 
Pada kesempatan ini Plt, Bupati juga minta pada Gubernur untuk selalu memperhatikan Kabupaten Merangin, dengan berbagai program kerja kedepannya, kami akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Jambi.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi