Setelah Setipis ATM, di Jambi Sandi Temukan Tempe Teropong Masa Depan

Setelah Setipis ATM, di Jambi Sandi Temukan Tempe Teropong Masa Depan

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Calon wakil presiden, Sandiaga Uno berkunjung ke Provinsi Jambi. Tiba di Jambi, pasangan Prabowo Subianto ini langsung menuju ke Pasar Tradisional terbesar di Jambi, Angso Duo.

Dalam kunjungannya di Pasar Angso Duo, Sandi berinteraksi dengan sejumlah pembeli dan pedagang. Sama seperti kunjungan-kunjungan sebelumnya, Sandi kerap mendengar keluhan tentang naiknya harga kebutuhan bahan pokok.

Dalam kunjungan itu Sandi kembali melontarkan pernyataan lelucon. Persisnya ketika melihat tempe, yang berbentuk seperti teropong. Secara spontan Sandi langsung mengucapkan bahwa tempe itu bisa untuk meneroping masa depan.

"Di sini (Jambi) tempenya tidak setipis ATM. Ini tempe teropong masa depan," celoteh Sandi, sembari meneropong menggunakan tempe.

Sontak saja candaan Sandi itu membuat para pembeli dan pedagang tertawa-tawa. Sandi pun menjadi rebutan para pembeli dan pedagang yang didominasi oleh emak-emak.

Bukan kali ini saja Sandi membuat guyonan terkait tempe. Saat berkampanye di beberapa lokasi di Kota Malang, Jawa Timur, pada Jumat, 23 November 2018 lalu, Sandi mengunjungi sentra produksi tempe di Sanan. Dia mengaku kali pertama melihat langsung tempe setipis kartu anjungan tunai mandiri (ATM).

"Di sini untuk pertama kali saya lihat ternyata ada tempe setipis ATM. Melihat dengan mata kepala sendiri bahwa ada tempe setipis ATM. Bener, kan, ini setipis ATM," katanya ketika itu.

Seperti dilansir viva.co.id, pernyataan Sandiaga itu menyambung kutipan Yuli dan Eni, ibu rumah-tangga di Duren Sawit, Jakarta, beberapa waktu lalu. Saat itu, mereka mengeluhkan harga kedelai naik dan karenanya mereka harus mengecilkan ukuran tempe setipis kartu ATM.

Tempe setipis ATM yang dimaksud Sandiaga adalah tempe yang akan diproduksi sebagai keripik tempe. Keripik itu adalah ikon oleh-oleh khas Kota Malang yang selalu diburu wisatawan saat berlibur ke Malang.

"Ternyata jadi kekhasan dan ikon di sini tempe tipis, dan keripik tempe ini menjadi salah satu unggulan kerajinan tempe di Sanan, Malang. Logonya bersama kita bisa," ujarnya. (red)