Ternyata Ini Penyebab Cuaca Panas Menyengat di Kota Jambi & Sekitarnya

Ternyata Ini Penyebab Cuaca Panas Menyengat di Kota Jambi & Sekitarnya

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Beberapa hari ini, Kota Jambi dan sekitarnya dilanda cuaca panas yang tak biasa. Panas begitu menyengat. Ternyata ada penyebab mengapa cuaca panas itu tidak biasa.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas 1 Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi, Kurnianingsih menjelakan, penyebabnya adalah karena selama satu minggu belakangan, kecepatan angin rata-ratanya lebih kencang dari normalnya. Sehingga apabila terjadi proses pembentukan awan-awan hujan, awan tersebut terbawa angin dan tidak jatuh di kota Jambi.

Selain itu pada hari ini, 21 Maret 2019 posisi matahari tepat berada di ekuator. Wilayah Provinsi Jambi sendiri berada dekat dengan ekuator sehingga energi matahari dan pancaran sinar matahari itu maksimal diterima oleh permukaan bumi, terutama di wilayah provinsi Jambi.

Meskipun terasa panas yang tinggi, Kurnianingsih mengatakan bahwa kondisi ini merupakan hal yang biasa dan tidak berbahaya. "Kalau sinikan sebenarnya kondisinya masih normal dan saat ini masih merupakan musim-musim penghujan di wilayah Provinsi Jambi," katanya. (red)

Reporter: Dewi Anita