Viral Buaya Besar Minta Makan kepada Warga, Apa Ceritanya?

Sebuah video yang memperlihatkan seekor buaya besar menghampiri dan meminta makan kepada warga di Kalimantan Timur viral di media sosial. Seperti apa cerita di baliknya?

Viral Buaya Besar Minta Makan kepada Warga, Apa Ceritanya?
Buaya yang viral (ist)

BRITO.ID, BERITA BONTANG - Sebuah video yang memperlihatkan seekor buaya besar menghampiri dan meminta makan kepada warga di Kalimantan Timur viral di media sosial. Seperti apa cerita di baliknya?

Dalam video yang viral, terlihat seekor buaya menghampiri perahu yang dinaiki salah seorang warga yang biasa dipanggil Pak Ambo. Buaya tersebut tidak menyerang.

Buaya tersebut seolah tahu akan diberikan makanan oleh Ambo. Buaya itu diberi nama Riska karena merupakan buaya betina.

Ismail, tokoh masyarakat kelurahan Guntung kota Bontang mengatakan bahwa Muara Sungai Guntung merupakan salah satu tempat habitatnya buaya muara di Kota Bontang. Banyaknya pohon bakau di kawasan itu diketahui menjadi tempat sumber mencari makanan bagi Buaya Muara.


"Dulu kawasan ini banyak sekali buaya seperti Riska karena memang habitatnya, bahkan buaya seukuran paha orang dewasa dahulu nya sdh sering masuk hingga ke hulu sungai namun belakangan ini sudah tidak nampak lagi," kata Ismail, Sabtu (6/6/2020).

Hutan bakau yang memanjang di tempat ini saat ini sudah banyak yang rusak, sebagai dampak aktifitas pembukaan tambak warga dan aktifitas perluasan areal pabrik yang berada ditempat itu diduga menjadi penyebab terganggunya kehidupan buaya muara akibatnya buaya ditempat itu terbiasa masuk ke pemukiman untuk mencari makan.

Memang sejak beberapa tahun lalu memang si Riska yang selalu muncul bahkan sangat dekat dengan para nelayan di Kelurahan Guntung karena memang selalu diberi makan oleh warga yang mayoritas nelayan.

"Buaya itu memang sangat dekat dengan Pak Ambo karena memang selalu memberi makan sejak kecil," katanya.

Riska muncul saat air laut sedang pasang. Seakan telah bersahabat dengan masyarakat sekitar bahkan Riska selalu datang jika dipanggil oleh warga.

Sumber: detikcom
Editor: Ari