Dinas Sosial Sarolangun Keluarkan Ratusan Warga dari Penerima Program PKH

Dinas Sosial Sarolangun Keluarkan Ratusan Warga dari Penerima Program PKH
Sekretaris Dinas Sosial, Juddin. (Arfandi/brito.id)

BRITO.ID,BERITA SAROLANGUN - Dinas Sosial Kabupaten Sarolangun secara tegas telah mengeluarkan ratusan penerima PKh dari Program Keluarga Harapan (PKH). Diketahui bantuan dari Kementrian Sosial ini untuk masyarakat miskin. 

Hal itu setelah dilakukan verifikasi dan validasi data keluarga penerima manfaat (KPM) oleh pendamping PKH di Kabupaten Sarolangun. Kemudian hasilnya diajukan ke Kemensos. Terutama bagi yang sudah mampu maka akan dikeluarkan dari daftar penerima program ini.

"Dengan kita melakukan verifikasi dan validasi data di setiap kpm dalam program PKH, maka sudah berjumlah 379 orang yang keluar karena tergolong sudah mampu. Dimana ada 90 orang yang keluar dengan kesadaran sendiri dari program PKH. Artinya dia sudah mampu dan sadar tidak berhak lagi menerima program PKH itu," kata Sekretaris Dinas Sosial, Juddin, Senin (21/10)

Kata Juddin, jumlah penerima program PKH ini di Kabupaten Sarolangun sebelumnya terdata 10 ribu lebih. Maka, dengan demikian saat ini jumlahnya berkurang menjadi sekitar 9.700-an. 

Juddin menjelaskan indikator dalam penerima PKH yang sudah mampu ini, salah satunya sudah bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya. 

"Masyarakat dengan kita melakukan sosialisasi terhadap kpm kita di setiap kecamatan, maka dengan sendiri pendataan dilapangan dari pendamping PKH kita," katanya. 

Katanya, program PKH untuk tahun 2019 ini sudah dilakukan pencairan untuk tahap keempat. Namun ia berharap kedepan para penerima program PKH ini agar bisa keluar dengan kesadaran sendiri jika sudah masuk dalam kategori sudah mampu. 

"Kedepan akan kami pasang stiker 
bagi rumah yang menerima program PKH ini sendiri, agar bansos yang dibantu kementrian sosial sesuai dengan harapan dan tujuan yakni kepada orang yang tidak mampu," katanya. (RED)

Reporter : Arfandi S