Eddy Soeparno Sekjen PAN, Bagaimana Nasib Amien Rais?

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (Ketum PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas menyatakan bahwa Amien Rais merupakan sosok yang selalu spesial di partainya.

Eddy Soeparno Sekjen PAN, Bagaimana Nasib Amien Rais?
Amien Rais. (Ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (Ketum PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas menyatakan bahwa Amien Rais merupakan sosok yang selalu spesial di partainya.

Hal itu disampaikannya saat merepons pertanyaan terkait jabatan yang akan diberikan untuk Amien dalam kepengurusan PAN periode 2020-2025.

"Pak Amien selalu spesial di PAN," kata Zulhas, tanpa merinci posisi bagi Amien itu, saat ditemui di Kantor DPP Partai NasDem, Menteng, Jakarta, Selasa (10/3).

Ia pun mengungkapkan bahwa penyusunan pengurus PAN periode 2020-2025 telah rampung. Menurutnya, pelantikan pengurus PAN akan dilakukan, pada Rabu (25/3), dengan mengundang Presiden Joko Widodo.

"25 Maret acara pelantikan, Presiden [Jokowi] bersedia dan sudah siap, pengurus sudah, dan dalam waktu dekat akan diumumkan," kata Wakil Ketua MPR itu.

Zulhas kemudian membeberkan beberapa nama kader yang akan menduduki sejumlah jabatan di kepengurusan PAN periode 2020-2025. Di antaranya, Soetrisno Bachri sebagai Ketua Dewan Kehormatan, Eddy Soeparno sebagai Sekretaris Jenderal, dan Yandri Susanto sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu).

Amien sendiri sempat menduduki jabatan sebagai Ketua Dewan Kehormatan Partai pada kepengurusan PAN periode 2015-2020.

Lebih dari itu, Zulhas tidak menjawab lugas saat dimintai komentarnya soal rencana mantan pesaingnya dalam bursa caketum PAN periode 2020-2025, Mulfachri Harahap, menggugat hasil Kongres V PAN.

Ia hanya mengaku sudah bertemu dengannya dan semua hal akan berjalan dengan aman.

"Insyaallah aman, sudah ketemu," ucap Zulhas.

Sebelumnya, Amien sebagai pendiri PAN meminta pemerintah tidak mengesahkan hasil Kongres V PAN yang diselenggarakan di Kendari pada 10 hingga 12 Februari 2020 lalu.

Amien diketahui tidak mendukung Zulhas untuk menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025. Ia mendukung Mulfachri dan memasangkan putranya sendiri Hanafi Rais untuk menjadi calon Sekjen.

Dia pun menyatakan akan segera memberikan bukti yang cukup lengkap berupa gambar di Kongres V PAN di Kendari.

Sumber: CNNIndonesia.com
Editor: Ari