Ini Dia Sepasang Kekasih yang Pertama di Dunia Gelar Pernikahan Metaverse

Sepasang kekasih bakal lakukan pernikahan yang unik. Masa pandemi mereka ingin menggelar momen bahagia secara metaverse. Tak hanya menyiarkan hari perkawinan secara virtual, pasangan tersebut bahkan sudah menyediakan ruang digital terinspirasi Hogwarts.

Ini Dia Sepasang Kekasih yang Pertama di Dunia Gelar Pernikahan Metaverse
Istimewa. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Sepasang kekasih bakal lakukan pernikahan yang unik. Masa pandemi mereka ingin menggelar momen bahagia secara metaverse. Tak hanya menyiarkan hari perkawinan secara virtual, pasangan tersebut bahkan sudah menyediakan ruang digital terinspirasi Hogwarts.

Adalah Dinesh Sivakumar Padmavathi atau SP Dinesh dan Janaganandhini Ramaswamy, pasangan asal India yang akan menjadi pasangan pertama di dunia yang menggelar pernikahan metaverse. Ide tersebut terpikir setelah di Provinsi Tamil Nadu tempat mereka tinggal, tamu pernikahan hanya diperbolehkan maksimal 100 orang. Rencananya Dinesh dan Janaganandhini akan mengundang 2.000 orang karena itu memutuskan untuk menggelar perayaan cinta mereka secar metaverse.

"Karena pandemi, resepsi fisik dan nyata tidak mungkin diadakan dengan banyak orang menghadiri jadi kami memutuskan untuk membuatnya dalam metaverse," kata Sivakumar kepada CNN.

Dinesh Sivakumar Padmavathi dan Janaganandhini Ramaswamy, pasangan pertama yang akan gelar pernikahan metaverse Foto: Dok. SP Dinesh via CNN

Metaverse dapat diartikan sebagai ruang yang dapat melampaui berbagai hal di dunia sehingga bisa terlihat secara virtual. Salah satu contoh paling mudahnya adalah tampilan hologram wujud seseorang yang berada jauh dari lokasi seperti di film Avengers atau Star Wars. Metaverse memang diramalkan akan semakin banyak digunakan di masa depan apalagi karena keterbatasan pandemi Corona.

Untuk hari pernikahannya, pasangan tersebut memilih tema 'Potterheads' ala Harry Potter. Dinesh dan Janaganandhini menghadirkan diri mereka dalam wujud karakter 3D begitu juga 2.000 undangan. Calon mempelai pria yang memang seorang pegiat kriptokurensi tersebut meminta bantuan TardiVerse untuk menciptakan ruang digital seperti Hogwarts.

Wujud avatar mendiang ayah Dinesh Sivakumar Padmavathi dalam pernikahan metaverse pertama Foto: Dok. TardiVerse via CNN

Pernikahan resmi mereka sendiri akan digelar secara fisik tapi hanya dihadiri keluarga dan teman-teman terdekat. Setelahnya, mereka akan beralih ke internet untuk menggelar pesta. Dalam ruang metaverse yang mereka hadirkan selama satu jam, pengantin baru dan tamu-tamu bisa mengeksplor istana yang menjadi 'tempat' resepsi. Tak hanya itu, mereka juga dapat mengubah penampilan avatar masing-masing.

Selain bisa melibatkan teman dan keluarga lain yang tidak dapat diundang secara fisik, pernikahan metaverse pertama itu juga dibuat dengan tujuan lain. Dikatakan jika mereka ingin menghadirkan sosok mendiang ayah Sivakumar dalam wujud avatar.

"Ayah mertuaku meninggal April tahun lalu. Jadi aku menciptakan sebuah avatar 3D yang mirip dengannya dan dia bisa memberkatiku dan tunanganku. Itu sesuatu yang bisa kami lakukan di metaverse," kata Janaganandhini.

Sumber: Wolipop

Editor: Ari