Kabut Asap Landa Jambi, Satgas Karhutla Minta Hujan Buatan

Kabut Asap Landa Jambi, Satgas Karhutla Minta Hujan Buatan
Dansatgas Kolonel Inf Arh Elphis Rudy. (Deni/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Musim kemarau panjang yang melanda Indonesia khususnya Provinsi Jambi sehingga membuat sejumlah wilayah terdampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Menyikapi persolan itu, satuan tugas (Satgas Karhutla) mengajukan permintaan hujan buatan.

Komandan Satgas Karhutla, Kolonel Inf Arh Elphis Rudy Senin (9/9/2019) mengatakan pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin guna mengatasi karhutla di Provinsi Jambi. 

"Bulan kemarin kita sudah berupaya minta hujan buatan dengan pemerintah pusat. Namun, karena ada beberapa waktu Jambi telah di guyur hujan jadi permintaan itu di batalkan oleh pemerintah pusat," ujarnya.

Lanjutnya, saat ini Satgas Karhutla telah mendaptkan bantuan dua water bombing oleh Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB).

"Dua dari heli water bombing dari BNPB pusat dan satu heli water bombing milik Sinarmas," katanya.

Menurutnya dengan kondisi yang terjadi saat ini tidak cukup hanya mengandalkan water bombing saja. Untuk itu pihaknya membuat kanal-kanal di sekitaran lahan yang terbakar.

Ketika ditanya berapa luasan lahan yang terbakar di Provinsi Jambi, Ia mengatakan terhitung dari bulan Januari hingga saat ini telah mencapai 700 hektar lebih lahan yang terbakar. (RED)

Reporter : Deni