Presiden Sebut Subsidi 7 Persen Bunga KUR Bisa Dinikmati Usaha Mikro

Presiden Sebut Subsidi 7 Persen Bunga KUR Bisa Dinikmati Usaha Mikro

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya pemberdayaan ekonomi kecil selain pembangunan infrastruktur dan penyederhanaan izin.

"Pemberdayaan ekonomi kecil kita lakukan, KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang sebelumnya 22-23 persen, kita subsidi bunganya 7 persen yang bisa dinimati usaha mikro, kecil dan menengah," kata Presiden Joko Widodo saat menghadiri perayaan ulang tahun Ke-18 Metro TV di Studio Grand Metro TV Kedoya, Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin malam (26/11).

Selain KUR untuk UMKM, pemerintah juga mulai mendirikan bank wakaf mikro di berbagai pondok pesantren.

"Memang belum banyak baru, baru 30-an tapi paling tidak kita memulai bahwa ekonomi ummat juga perlu diperhatikan, ini yang telah kita lakukan," tambah Presiden.

Menurut Presiden, peringkat Indonesia dalam indeks "Ease of Doing Business" melompat dari peringkat 120-an menjadi 72.

"Kita juga ingin menurunkan ketimpangan dan kemiskinan. Selama 4 tahun ini 'gini ratio' turun dari 0,41 jadi 0,38. Memang tidak bisa langsung melompat karena proses 'gini ratio' membesar juga jangka panjang, sehingga menurunkannya juga butuh waktu," ungkap Presiden.

Sedangkan angka kemiskinan dari 11,2 persen menjadi 9,8 persen juga tidak dicapai dengan mudah.

"Kita telah memiliki program keluarga harapan, Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dana desa yang sudah digelontorkan sampai sekarang sudah sampai angka Rp187 triliun, bukan angka yang kecil untuk membangun infrasktruktur-infrastruktur kecil di desa-desa seperti jalan, jembatan kecil, irigasi, embung kecil di desa, PAUD, posyandu, semuanya dibangun dari dana desa selama 4 tahun," jelas Presiden.

Bila fondasi infrakstruktur dan ekonomi sudah selesai makan selanjutnya pemerintah akan memasuki tahapan besar kedua yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Karena kita punya kekuatan 260 juta pendudk, ini kekuatan, potensi. Kita harus menjamin tumbuh kembang anak sejak di kandungan, program stunting kita dari 37 jadi 30 persen, ini juga perlu waktu untuk menurunkan itul," tambah Presiden.

Dalam acara itu, Presiden juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun Ke-18 untuk Metro TV.

"Semoga terus bisa memberikan energi positif bagi kemajuan bangsa dan negara dan kedua ucapan terima kasih saya sampaikan atas peran terhadap 4 tahun pemerintahan kita terutama dalam ikut mendewasakan kita dalam berpolitik, baik menyampaikan fakta, kritik dalam rangka perbaikan dan pembenaha yang ada dalam pemerintah," ucap Presiden. (red)