PTUN Menangkan Gugatan 6 Caleg Sarolangun

PTUN Menangkan Gugatan 6 Caleg Sarolangun

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) menangkan gugatan 6 orang caleg DPRD Kabupaten Sarolangun, Jumat (12/4). Dalam amar putusan itu, majelis hakim meminta KPU Sarolangun untuk mengembalikan hak para caleg.

 

Dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan, yang diketuai oleh Edi Firmansyah dan Hakim Anggota Ade Mirza Kurniawan serta A Taufiq Kurniawan mengabulkan permohonan penggugat. Sehingga Komisi Pemilihan Umun (KPU) Sarolangun mencantumkan kembali Saihu, Jainatul Firdaus, Hapis,  Azakil Azmi, Cik Marleni dan Aang Purnama ke dalam Daftar Calon Tetap (DCT) tahun 2019-2024.

 

"Putusan diambil setelah mendengarkan keterangan saksi-saksi serta bukti-bukti yang dilampirkan para tergugat dan penggugat," kata Ketua Majelis Hakim.

 

Untuk diketahui, KPU Sarolangun mencoret 6 orang caleg itu karena tidak mengundurkan diri dari DPRD Kabupaten Sarolangun,  sementara pencalegan nya ke-6 orang itu telah berpindah partai.

 

Namun dimata hakim, keputusan KPU yang bepedoman atas keputusan Gubernur Jambi merupakan cacat yuridis.  "Keputusan hakim bersifat mengikat dan tidak dapat dilakukan upaya hukum lagi," pungkasnya.(red)

 

Reporter : Deni S