Rekrutmen PPK Muarojambi, 2 Kecamatan Masih Nihil

Rekrutmen PPK Muarojambi,  2 Kecamatan Masih Nihil
Ketua KPU Muarojambi Elfi Prasetia (Raden Romi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muarojambi sudah dibuka secara umum sejak 18 Januari yang lalu, dan akan ditutup pada 24 Februari mendatang.

Sejak dibuka hingga hari ini sudah ada puluhan orang mendaftar.

"Hingga Selasa (23/1/20) sudah ada 67 orang yang mendaftar, pria 43 orang dan perempuan 24 orang," ungkap Ketua KPUD Muarojambi Elfi Prasetia Rabu (22/1/20).

Dijelaskannya Elfi di Muarojambi sendiri ada 11 kecamatan. Tiap Kecamatan dibutuhkan minimal 10 pendaftar yang nantinya akan diseleksi menjadi 5 orang terpilih.

"Jika sampai batas waktu akhir nanti tidak memenuhi batas minimal, maka waktu pendaftaran akan diperpanjang," cetus Elfi.

Menurut data yang diterimanya, hingga hari ini belum semua kecamatan mencukupi batas minimal. Bahkan ada dua kecamatan yang masih tak ada pelamar alias sepi peminat. Dua kecamatan tersebut ialah Kecamatan Tamanrajo dan Kecamatan Sungaigelam.

"Kecamatan yang memang belum ada satu pun pelamarnya adalah kecamatan Sungaigelam, dan Kecamatan Tamanrajo, Kecamatan Sungaibahar baru tiga orang, Bahar Selatan baru 2 orang. Kita berharap hingga penutupan nanti, semuanya kecamatan sudah terpenuhi kuota minimalnya jadi tidak perlu lagi dilakukan perpanjangan," ujarnya.

Untuk mengakomodir peserta dari kecamatan Bahar Grup (Sungaibahar, Bahar Utara dan Bahar Selatan), Kecamatan Mestong dan Sungaigelam, KPUD melakukan kerjasama dengan pihak kecamatan. Ini lantaran faktor jarak tempuh yang cukup jauh.

"Khusus untuk Kecamatan Bahar grup, Sungaigelam dan Mestong, pelamar cukup mengantarkan bahannya ke kantor camat. Selanjutnya kita yang akan menjemput bahan tersebut di kantor camat lantaran jarak tempuh yang cukup jauh. Untuk memudahkan para pelamar," sebut Elfi.

Berikut jumlah sementara pelamar PPK di tiap kecamatan.

1.Kecamatan Jambi Luar Kota :13 orang

2. Kecamatan SE : 9 orang

3. Kecamatan Kumpeh Ulu : 17 orang

4. Kecamatan Kumpeh : 10 orang

5. Kecamatan Marosebo : 3 orang

6. Kecamatan Mestong : 3 orang

7. Kecamatan Sungaibahar :4 orang

8. Kecamatan Bahar Utara : 6 orang

9. Kecamatan Bahar selatan : 2 orang

10. Kecamatan Tamanrajo masih nihil

11. Kecamatan Sungaigelam : masih nihil 

Penulis: Raden Romi

Editor: Rhizki Okfiandi