Sikap Prabowo & Anies Kesannya Tak Perduli ke Habib Rizieq, Pengamat: Magnet Politik Pengaruh HRS Memang Terlihat Memudar

Zaki Mubarak angkat bicara tentang sikap beberapa tokoh politik yang semakin acuh terhadap Habib Rizieq Shihab (HRS).

Sikap Prabowo & Anies Kesannya Tak Perduli ke Habib Rizieq, Pengamat: Magnet Politik Pengaruh HRS Memang Terlihat Memudar
Habib Rizieq Shihab. (Foto: Ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Zaki Mubarak angkat bicara tentang sikap beberapa tokoh politik yang semakin acuh terhadap Habib Rizieq Shihab (HRS).

Melansir dari wartaekonomi.co.id, Zaki menilai beberapa tokoh yang semula berangkulan dengan Habib Rizieq kini mulai menjauh dan terkesan tak peduli dengan nasibnya yang masih mendekam di penjara.

"Prabowo dan Anies yang dulu dekat, kesannya malah nggak mau tahu," ujar Zaki, Pengamat Politik, Rabu (24/11/2021).

Diketahui pula bahwa beberapa tokoh yang namanya melejit dalam survei capres 2024 seperti Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo pun terlihat tidak antusias menggandeng HRS dan FPI.

"Jadi, sebagai magnet politik pengaruh HRS memang sudah terlihat kendur atau memudar," ujarnya.

Zaki menarik kesimpulan bahwa situasi politik saat itu yang tidak normal menyebabkan FPI dan Habib Rizieq bisa memperoleh panggung dan dirangkul oleh tokoh politik.

"Saat itu Pak Prabowo juga memerlukan suara dari kalangan Islam yang tidak nyaman dengan Jokowi," imbuhnya.

Ia menilai politik publik sudah mengalami rasionalisasi. Oleh sebab itu, tokoh-tokoh seperti HRS masih berpotensi untuk memiliki pengaruh meskipun tidak sesignifikan sebelumnya.

Setia pada Habib Rizieq

Di sisi lain, sosok Habib Bahar bin Smith yang baru saja keluar dari penjara memperlihatkan kesetiaan dan dukungannya pada Habib Rizieq.

Ia bahkan sempat menyampaikan kecaman dan ancaman pada orang-orang yang dinilai telah berkhianat pada Habib Rizieq Shihab.

"Kepada orang-orang yang zalim, saya bakal cari satu per satu. Bakal saya habisi kalian, siapapun kalian yang mengkhianati Habib Rizieq, bakal saya habisi dan bakal saya musnahkan," ujar Habib Bahar bin Smith.

Secara terang-terangan Habib Bahar menyebut para kyai atau ustaz yang mengkhianati HRS akan berhadapan dengannya.

"Siapapun, para habaib khususnya, ente nih para kyai, ustaz, yang mengkhianati Habib Rizieq, ente semua bakal berhadapan dengan ana, Bahar bin Smith. Kenapa? Saudara, kalau musuh di luar terang-terangan keliatan, yang bangsat itu pengkhianat," lanjutnya.

Sumber: suara.com
Editor: Ari