Waspadai Omricon, Indonesia Terapkan Aturan Begini

Aturan perjalanan internasional diperketat kembali setelah munculnya varian baru COVID-19, yakni Omicron. Pemerintah telah merilis aturan baru, salah satunya melarang warga negara asing (WNA) dari 11 negara, terutama Afrika Selatan masuk ke Indonesia untuk sementara waktu.

Waspadai Omricon, Indonesia Terapkan Aturan Begini
Istimewa. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Aturan perjalanan internasional diperketat kembali setelah munculnya varian baru COVID-19, yakni Omicron. Pemerintah telah merilis aturan baru, salah satunya larangan warga negara asing (WNA) dari 11 negara, terutama Afrika Selatan masuk ke Indonesia untuk sementara waktu.

Aturan tersebut. dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional yang akan terbit hari ini. SE tersebut Merujuk pada SE Satgas Penanganan COVID-19 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional dan SE Kemenkumham Nomor IMI-0269.GR.01.01 tahun 2021 tentang Pembatasan Sementara Orang Asing Yang Pernah Tinggal Wilayah Beberapa Negara Tertentu Untuk Masuk Wilayah Indonesia Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Varian Baru COVID-19.

"Penyesuaian ini merupakan langkah antisipatif Kemenhub untuk mencegah masuknya varian baru COVID-19 ke Indonesia, dengan memperketat penerapan protokol kesehatan simpul-simpul transportasi, seperti bandara, pelabuhan, dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN)," kata Menteri Perhubungan (Menhub) , Budi Karya Sumadi dalam keterangan resmi Kemenhub, Senin (29/11/2021).

WNA dari 11 negara dilarang masuk RI

Aturan pertama menghapus atau melarang masuknya WNA dengan riwayat 14 hari terakhir dari 11 negara untuk waktu. Adapun daftar negaranya, sebagai berikut:

Afrika Selatan
Botswana
Namibia
Zimbabwe
Leshoto
Mozambik
Eswatini
Malawi
Angola
Zambia
Hong Kong.

WNI dari 11 Negara Ini Wajib Karantina

Aturan kedua adalah mewajibkan WNI dari 11 negara di atas melakukan karantina selama 14 hari ketika masuk Indonesia.

Kebijakan tersebut berlaku mulai hari ini, demi mencegah masuknya varian Omicron yang ditemukan di Afrika Selatan. Varian tersebut telah meluas penyebarannya ke beberapa negara.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) juga telah menetapkan Omicron sebagai variant of concern (VOC) atau varian yang mengkhawatirkan.

Waktu Karantina jadi 7 Hari

Bagi WNA dan WNI yang hendak masuk ke Indonesia dari negara di luar 11 yang masuk dalam daftar, wajib melakukan karantina selama tujuh hari. Sebelumnya, ketentuan karantina hanya tiga hari.

"Kami akan terus mencermati perkembangan dinamika di lapangan dan akan berkoordinasi secara intensif dengan pemangku kepentingan terkait yakni Satgas COVID-19, Kemenkes, Kemenkumham, TNI/Polri, serta unsur terkait lainnya. Kami juga menginstruksikan kepada semua operator sarana dan prasarana transportasi untuk segera menyesuaikan diri. , menerapkan, dan juga mengawasi pelaksanaan dari SE Kemenhub di lapangan," tutur Budi.

Sumber: IdnTimes
Editor: Ari