2020, Sarolangun akan Gelar Pilkades Serentak

2020, Sarolangun akan Gelar Pilkades Serentak

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sarolangun Mulyadi mengatakan tahun 2020 sebanyak 53 desa yang ada di Kabupaten Sarolangun ikuti Pilkades serentak.

"Ada 53 desa melaksanakan Pilkades serentak. Insha Allah April 2020 nanti," kata Mulyadi, Kepala DPMD Kabupaten Sarolangun, Senin (18/03).

Kata dia yang ikut Pilkades ini kepala desanya habis masa jabatan, mulai bulan Februari tahun ini. "Sekarang yang habis itu akan kita tunjuk Pjs Kadesnya," tambahnya.

Mulyadi mengatakan untuk 53 desa yang mengikuti pelaksanaan Pilkades serempak ada di sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Sarolangun.

"Untuk Pilkades yang paling banyak berada di kecamatan Mandiangin, yaitu 13 desa. Dan desa paling sedikit di kecamatan Batangasai. Sistem yang digunakan ketika Pilkades nanti yaitu sistem E-Voting," kata Mulyadi.

Mulyadi menyebutkan, untuk sistem E-voting ini menjadi yang kedua dilaksanakannya di Pilkades serentak nanti. Tahap pertama dilaksanakan Juli - Agustus tahun 2018 yang lalu.

"Ini mengingat keterbatasan alat. Kita akan laksanakan secara bertahap seperti sebelumnya, tidak bisa dilaksanakan serentak keseluruhannya mengingat keterbatasan peralatan yang kita miliki," ujarnya.

Mulyadi menjelaskan untuk desa yang akan habis masa jabatan itu pihaknya menunjuk pejabat sementara (Pjs) di setiap desa. Pejabatnya berasal dari kecamatan masing-masing.

"Untuk kades yang habis masa jabatannya akan diisi oleh kecamatan. Dan itu pun diusulkan pihak kecamatan," pungkasnya. (red)

Reporter: Arfandi S