Laporan Kampanye, KPU Beri Penghargaan Terbaik kepada Partai Golkar

Laporan Kampanye, KPU Beri Penghargaan Terbaik kepada Partai Golkar
KPU Sarolangun memberikan penghargaan kepada Partai Golkar. (Arfandi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun menggelar rapat evaluasi laporan dan audit dana kampanye tahun 2019. 

Rapat dihadiri perwakilan pengurus partai diantaranya, ada sembilan parpol yang hadir. Diantaranya Golkar, PDIP, PAN, Nasdem, PKS, Gerindra, Perindo, PKB dan PPP. 

"Dari 16 parpol yang terdaftar di KPU, yang menyerahkan laporan hanya 14 Parpol. Dan setelah diseleksi, dari 14 parpol, laporan keuangannya terbaik untuk pemilu 2019 di Sarolangun terpilihlah tiga parpol terbaik. Peringkat satu Nasdem, kedua Golkar dan peringkat tiga PPP," kata Hanif Komisioner KPU Sarolangun ketika dikonfirmasi, Kamis (19/9/2019)

Dari penilaian itu kata Hanif, ditemukan ada Parpol yang dari laporan awal dana kampanye sudah tidak lengkap, kemudian adanya caleg yang belum menyerahkan NPWP.

Tak hanya itu saja, ada juga parpol yang tidak menyerahkan laporan rekening dan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye. Hal ini dikarenakan tidak ada caleg dari partai itu. Terakhir tisak menggunakan dana kampanye membeli alat peraga, itulah temuannya.

"Tiga parpol ini memiliki kriteria unggulan dalam laporan. Nasdem 5 kriteria unggulan, Golkar tiga unggulan dan yang ketiga PPP memiliki 2 unggulanm Ini juga motivasi agar kedepan Parpol lebih serius memperhatikan laporan dana kampanye ini," ungkapnya.

Terpisah, Ketua DPD II Golkar Sarolangun melalui Bendahara DPD II Golkar Sarolangun, Hamdan saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

Dirinya mengatakan selaku pengurus Partai Golkar, mengucapkan terima kasih kepada seluruh caleg Golkar Sarolangun yang telah membantu memberi laporan terkait dana kampaye saat Pemilu 2019.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua caleg Golkar yang menyerahkan laporan rekening dan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye saat pemilu April lalu. Sehingga kami penggurus Partai bisa memberikan tepat waktu kepada KPUD Sarolangun," pungkasnya

Dalam acara penyerahan piagam penghargaan ikut hadir. Komisioner KPU Sarolangun Aliwardana, Rupiudin, Hanif, Bawaslu Sarolangun Johan Iswadi. (RED)

Reporter : Arfandi S