Bupati Masnah Hadiri Sosialisasi Penyaluran KUR di Muarojambi

Bupati Masnah Hadiri Sosialisasi Penyaluran KUR di Muarojambi
Bupati Masnah Saat Menyampaikan Kata Sambutan (Raden Romi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busro Selasa (18/2/20) pagi menghadiri acara Sosialisasi Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jambi kepada Pemda dan UMKM Muarojambi.

Acara dipusatkan di Ruang Pola Kantor Bupati Muarojambi yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Muarojambi.

Hadir dalam acara tersebut, Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jambi Supendi, Kajari Muarojambi Sunanto SH, Kadis Koperindag Nur Subiyantoro SE, Kepala Area Bank Mandiri Jambi Suroso, serta para pelaku UMKM di Muarojambi.

Dalam sambutannya, Bupati Muarojambi menyampaikan bahwa dengan adanya KUR ini sanga membantu Masyarakat di Muarojambi. Pasalnya, pinjaman ini dengan bunga dan angsuran yang ringan karena disubsidi oleh pemerintah pusat.

"Kita berharap KUR di Muarojambi bisa berkembang dan meningkatkan geliat perekonomian masyarakat. KUR ini bunganya sangat ringan karena disubsidi pemerintah pusat, tapi tetap jangan lupa angsurannya dibayar tiap bulan," kata Bupati Masnah.

Dalam kesempatan tersebut, Masnah juga memberikan arahan kepada para pelaku UMKM di Muarojambi. Mereka diminta untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreatifitas baik dalam hasil olahan yang hendak dipasarkan hingga cara pemasarannya.

"Apalagi saat ini tekhnologi sudah sangat maju. Ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Selain pemasaran secara konvensional, manfaatkan media sosial atau online yang saat ini sudah dalam genggaman sebagai media pemasaran hasil olahan UMKM," kata Masnah.

Para Tamu Undangan Yang Hadir di Acara (Raden Romi/BRITO.ID)

Sementara itu, Suroso Kepala Area Bank Mandiri Jambi menyampaikan bahwa penyaluran KUR di Muarojambi sangat sehat. Kesadaran dan kepatuhan para debitur di Muarojambi untuk membayar angsuran mereka pun sangat tinggi. Di Muarojambi sendiri, pada tahun 2019 lalu, sudah disalurkan pinjaman KUR untuk di Muarojambi sebanyak hampir 200 milliar.

"Secara persepsi karakter dan pengetahuan, masyarakat di Muarojambi sudah sangat sadar kalau pinjaman tersebut harus dibayar, kesadaran sudah sangat tinggi sekali. Penyalurannya pun cukup besar. Sebanyak 12.281 nasabah di Jambi dengan Gelontoran dana Rp1.1 trilliun pada tahun 2019. Sementara di Muarojambi sendiri sudah disalurkan sebanyak Rp191 milliar dengan debitur sebanyak 1974 debitur yang disalurkan rata-rata di sektor pertanian dan perkebunan," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Koperindag Muarojambi Nur Subiyantoro kepada wartawan menyampaikan bahwa Nur Subiyantoro penyaluran KUR di Muarojambi sangat membantu masyarakat.

Angsuran dan bunga yang ringan karena disubsidi jadi pilihan yang sangat favorit khususnya bagi pelaku UMKM. Mereka pun sengaja menggagas kegiatan ini agar informasi tentang KUR ini bisa tersampaikan kepada masyarakat.

"Agar info ini bisa sampai ke masyarakat, KUR ini kan bunganya ringan karena disubsidi pemerintah pusat. Selain sosialisasi kita juga melaksanakan diskusi agar para pelaku usaha ini bisa tahu dan paham bagaimana cara dan persyaratan mendapatkan pinjaman KUR ini hingga yang punya unit usaha bisa didukung permodalannya yang pada akhirnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Muarojambi," kata Nur singkat.(adv).

Penulis: Raden Romi

Editor: Rhizki Okfiandi