Bupati Muarojambi Serahkan Sertifikat Program PTSL ke Masyarakat

Bupati Muarojambi Serahkan Sertifikat Program PTSL ke Masyarakat
Bupati Muarojambi Saat Menyerahkan Sertifikat Program PTSL (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Agar adanya jaminan serta kepastian hukum terhadap aset tanah masyarakat di Kabupaten Muarojambi, Selasa (07/01/2020) pagi, Bupati Muarojambi, Masnah Busyro serahkan 500 sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ke empat desa yang ada di Kecamatan Sungaigelam. 

Acara penyerahan 500 sertifikat PTSL ini sendiri, diadakan di lapangan balai Desa Tangkit, Kecamatan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi. 

Adapun empat desa yang menerima program sertifikat PTSl tersebut yakni, Desa Tangkit sebanyak 300 bidang, Desa Sungai Gelam 100 Bidang, Desa Talang Belido 50 Bidang, dan Desa Gambut Jaya sebanyak 50 luas Bidang tanah.

Selain Bupati Masnah Busyro, acara tersebut turut dihadiri oleh, Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto, S.I.K., M.H, Kasdim 0415/BTH Mayor Inf. Beni, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Muarojambi Suharna, S.H, Asisten I Setda Kabupaten Muarojambi Drs. Najamuddin Nasir, MM, Asisten II Setda Kabupaten Muarojambi Drs. David Rozano, Kepala BPBD Kabupaten Muarojambi M. Zakir, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muarojambi Yultasmi, Danramil Jaluko Kapten Heriansyah, Kapolsubsektor Sungaigelam Ipda Irianto, Camat Sungaigelam Sobri, Para Kepala Desa se Kecamatan Sungaigelam dan perwakilan masyarakat yang menerima SHM dari 4 Desa Kecamatan Sungaigelam.

Dalam sampaiannya, Bupati Masnah mengatakakan, sangat mendukung sekali dengan program PTSL tersebut. Karena dengan program ini bisa menjamin kepastian hukum terhadap aset yang dimiliki oleh Masyarakat. 

"Kabupaten Muarojambi sendiri mendapat kurang lebih 20.000 Bidang program PTSL," ucap Masnah.

Dengan hal itu Bupati berharap kepada masyarakat Muarojambi agar pro aktif dalam mengurus Sertipikat sebagai jaminan aset untuk anak cucu nanti.

"Kepada masyarakat yang menerima sertipikat ini, agar bisa disimpan di tempat yang aman. Sebisa mungkin tanahnya tidak dijual, kalaupun butuh dana, lebih baik diagunkan saja," tuturnya.

Sementara, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Muaro Jambi pada sambutannya menyampaikan beberapa poin penting pada program PTSL tersebut. Yaitu, Program ini bertujuan untuk melegalisasi aset masyarakat guna meminimalisir  konflik sengketa Pertanahan. Lalu dalam kegiatan PTSL juga ada kegiatan sertifikasi tanah wakaf, UMKM, dan Nelayan. Kemudian, untuk tahun 2020, on progres 10.000 Bidang tanah yang akan disertifikasi di Kabupaten Muarojambi, sedangkan untuk Kecamatan Sungai Gelam, jumlah program PTSL sebanyak 5.600 SHM. 

"Hari ini diserahkan 500 bidang saja sebagai perwakilan secara simbolis oleh Bupati Muarojambi dan sisanya akan diserahkan di Desa Masing - masing" sebut Kakan BPN Muarojambi," ungkapnya(adv).

Penulis: Raden Romi

Editor: Rhizki Okfiandi