Dapat DAK Rp22 Miliar, Begini Rencana Diknas Sarolangun

Dapat DAK Rp22 Miliar, Begini Rencana Diknas Sarolangun
Kadisdik Sarolangun Helmi. (Arfandi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sarolangun bakal mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 dari pemerintah Pusat.

“Gambaran yang sudah terdata itu, sekitar Rp22 miliar lebih kurang akan dilaksanakan dalam bentuk rehab kelas, jamban dan beasiswa serta kegiatan yang sesuai juknis,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sarolangun Helmi, Sabtu (4/01/2020).

Terkait dengan pelaksanaan program itu, ia berharap pada pihak sekolah yang melakukan perbaikan fisik dapat mengevaluasi kegiatan dari sekolah sebelumnya. Hal ini karena dapat mempengaruhi dan meningkatkan kualitas dari pada bangunan fisik dan mengacu pada juknis.

Kemudian untuk sekolah yang merupakan swakelola harus bisa berusaha untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, supaya nanti tidak salah penafsiran yang selama dilihat menjadi titik lemah dalam pelaksanaan pembangunan dari dana DAK tersebut.

“Supaya masyarakat itu merasa dilibatkan dalam pengambilan kebijakan dan kepanitian. Selama ini sudah ada, cuman kadarnya itu dikuatkan lagi. Sedangkan, kegiatan non fisik masih mengacu pada program pusat, kita akan mendukung penuh program dari pemerintah pusat dan tetap mengacu petunjuk pemerintah pusat,” katanya

Penulis: Arfandi Sarbaini
Editor: Ari