Di Bungo Bapak dan Anak Positif Rapid Test, Jubir: Sudah Dirujuk Uji Swab

Dua warga Bungo dinyatakan positif usai pemeriksaan Rapid Test. Diketahui keduanya berinisial IB dan G ayah dan anak warga Kecamatan Pasar Muarabungo. 

Di Bungo Bapak dan Anak Positif Rapid Test, Jubir: Sudah Dirujuk Uji Swab
Gugus COVID-19 Bungo (Dok)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Dua warga Bungo dinyatakan positif usai pemeriksaan Rapid Test. Diketahui keduanya berinisial IB dan G ayah dan anak warga Kecamatan Pasar Muarabungo. 

Hal ini dibenarkan Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Bungo Dr Safaruddin Matondang, Rabu (6/5) bahwa ada dua warga yang positif hasil Rapid test. 

"Betul keduanya positif dari hasil Rapid test namun kita sudah merujuknya ke RSUD dilakukan uji Swab," kata Kadinkes Bungo ini.

Menurut Safaruddin, yang bersangkutan dua bulan silam dari Jakarta. Setelah dilakukan Rapid test kepada keluarganya, ternyata hasil positif terjadi dengan anaknya. 

"Anaknya juga positif Rapid test," katanya.

Untuk diketahui ada beberapa pengecekan atau test yang dapat di lakukan untuk pengecekan virus Corona beberapa diantaranya adalah Rapid Test dan Swab Test. 

Sama-sama digunakan untuk menguji virus Corona, nyatanya fungsi Rapid Test dan Swab Test sangat berbeda. Rapid Test merupakan tes (secara massal) yang berfungsi untuk screening potensi kasus positif virus Corona di masyarakat. Sementara, Swab Test berfungsi sebagai standar diagnostik virus Corona yang dianjurkan WHO (World Health Organization).

Rapid test menggunakan parameter uji Imunoglobin dalam darah, hasil keluar dalam hitungan menit, untuk akurasi tidak akurat, dan bisa di uji dimana saja. Sedangkan Swab Test menggunakan parameter uji DNA viru corona, hasil keluar dalam 2-7 hari, akurasi sangat akurat, dan sampel di uji di lab BSL 2.

Dan bila seseorang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona melalui Rapid Test, maka perlu dilakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk mengkonfirmasi. (red)