Gelar Bimtek, DLH Provinsi Jambi Harapkan Personil Pengelolan Limbah Lebih Qualified

Gelar Bimtek, DLH Provinsi Jambi Harapkan Personil Pengelolan Limbah Lebih Qualified

BRITO.ID BERITA JAMBI – Untuk mencetak personel qualified dan tehnik sampling yang benar dalam pengambilan air limbah dan sungai, sehingga Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi menggelar bimbingan teknik (Bimtek). Kegiatan ini berlangsung di ruang pola DLH Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Evy Frimawaty diwakilkan Sekretaris Dinas, Sidik Ahmad mengatakan pencemaran lingkungan bisa berdampak pada penurunan kualitas lingkungan. Terutama disebabkan kegiatan usaha yang melakukan pengelolaan lingkungan belum sesuai dengan peraturan perundang undangan berlaku.

Meskipun hasil penilaian ketaatan dunia usaha dalam melakukan pengelolaan lingkungan sudah mengalami peningkatan kearah yang lebih baik. Kondisi ini tidak menutupi kemungkinan timbulnya pencemaran maupun kerusakan lingkungan hidup.

"Dengan digelarnya Bimtek pengambilan sampel air limbah dan air sungai untuk instansi rumah sakit kabupaten/kota ini diharapkan peserta mampu memanfaatkan informasi tentang tata cara pengambilan sampel air limbah dan sungai sesuai aturan yang telah ditetapkan," ungkap Sidik.

Dijelaskan lebih lanjut, kegiatan Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari dan diikuti 50 peserta dari instansi rumah sakit dan DLH kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi. Peserta akan melakulan praktek langsung, dan bertujuan agar petugas yang melakukan pengambilan sampel air limbah dan air sungai mendapatkan hasil yang refresentatif. Kemudian personel qualified dan teknik sampling yang benar sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. (say/red)