Menjelang Asian Games 100 Titik Api Kepung Jambi

Badan Meteorologi dan Gofisika (BMKG) mendeteksi 100 titik panas mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sepanjang Januari sampai Juli, di Provinsi Jambi.

Menjelang Asian Games 100 Titik Api Kepung Jambi

BRITO.ID, JAMBI – Menjelang perhelatan Asian Games Badan Meteorologi dan Gofisika (BMKG) mendeteksi 100 titik panas ada di Provinsi Jambi. 100 titik ini mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sepanjang Januari sampai Juli, di Provinsi Jambi.

“Di tahun 2018 semakin meningkat pada bulan Juli,” kata Kepala Stasiun BMKG Sultan Thaha Jambi, Nurangesty, Selasa (24/07).

Berdasarkan Satelit Terra dan Aqua, titik panas itu dengan tingkat kepercayaan 80 persen menunjukkan adanya titik api. Sedangkan menurut BMKG di atas 50 persen.

Jika merujuk di tingkat kepercayaan BMKG, 50 persen, Nurangesty mengakui 100 titik panas tersebut merupakan titik api. “Dengan tingkat kepercayaannya lebih dari 50 persen di Provinsi Jambi,” ungkapnya.

Pantauan terbaru, Senin (24/07) terdapat tiga titik panas. Kata dia, setap hari jumlah titik panas tersebut selalu berubah. “Tiap hari jumlahnya persuasif,” tandas Nurangesty. (ron)