Jambi Urutan ke Empat Daerah Paling Rawan Konflik Pilkada

Jambi Urutan ke Empat Daerah Paling Rawan Konflik Pilkada
Rilis IKP oleh Bawaslu RI di Jakarta (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI – Bawaslu RI, hari ini Selasa (25/2/2020) merilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di Jakarta.

Dalam siaran persnya, dari Sembilan Provinsi yang menggelar Pemilihan Gubernur (Pilgub), Jambi masuk peringkat ke empat, dalam kategori Provinsi rawan konflik.

Jambi berada di peringkat ke empat, dengan skor 73,69 di bawah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Sumatera Barat. Sementara itu, dalam kategori konteks sosial politik, Jambi berada di urutan ke tiga dengan skor 86,36 di bawah Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Selain merilis IKP tingkat Pilgub, Bawaslu juga merilis IKP di tingkat Pemilihan Bupati/Walikota. Di mana dari lima Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada di Jambi, Kota Sungaipenuh masuk kategori rawan se Indonesia.

Dalam rilis kategori rawan konflik, Kota Sungaipenuh berada di urutan ke tujuh se Indonesia dengan skor 70,63, sedangkan untuk kategori dimensi konteks sosial politik seperti ketidaknetralan ASN dalam penyelenggaraan Pilkada, Kota Sungaipenuh berada di peringkat ke tiga se Indonesia.

Atas rilis ini, Bawaslu menyampaikan beberapa rekomendasi kepada Penyelenggara Pemilu untuk meningkatkan pelayanan khususnya terhadap proses pencalonan. Selain kepada penyelenggara Pemilu, Bawaslu juga meminta Partai Politik untuk melakukan pendidikan politik yang intensif.

Tak hanya kepada penyelenggara Pemilu dan Partai Politik, Bawaslu juga meminta kepada Pemerintah Daerah untuk berperan aktif dengan cara berkordinasi dengan FKUB, TNI, Polri serta elemen masyarakat lainnya, agar terwujudnya Pilkada 2020 yang bersih aman dan sukses.

Penulis: Rhizki Okfiandi