Jokowi Lantik Wagub Sulawesi Tengah

Jokowi Lantik Wagub Sulawesi Tengah
Presiden Joko Widodo melantik Rusli Baco Dg Pallabi sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah di Istana Negara, Jakarta. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik Rusli Baco Dg Pallabi sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan itu tercantum dalam surat Keputusan Presiden RI No66/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sisa masa jabatan Tahun 2019-2021 yang dibacakan pada Senin (26/8).

Jokowi telah mengambil sumpah jabatan Rusli sebagai Wagub Sulteng di Istana Negara yang disaksikan oleh Wapres Jusuf Kalla beserta sejumlah pejabat.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," demikian ucapan sumpah Rusli yang dituntun oleh Presiden Jokowi.

Rusli Baco adalah politisi dari Partai Amanat Nasional.

Sejumlah pejabat yang menghadiri acara pelantikan itu antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, serta Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Sebelumnya, Presiden telah menyerahkan petikan Surat Keputusan Presiden kepada calon Wakil Gubernur Sulteng di Istana Merdeka, Jakarta.

Wakil Presiden Jusuf Kalla juga mendampingi Presiden saat acara kirab pelantikan dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Selain itu, pada 8 Juli 2019, DPRD Sulawesi Tengah dalam rapat paripurna pemilihan Wakil Gubernur Sulteng mempercayakan Rusli Baco mengisi jabatan Wagub.

Jabatan Wagub Sulteng kosong sejak Oktober 2016 setelah mantan wagub, Sudarto, meninggal dunia. (RED)