Ketua DPRD Muarojambi Minta Proses Pencoklitan Harus Faktual

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPUD Muarojambi saat ini tengah melakukan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) para pemilih yang akan menyumbangkan suaranya di Pilgub 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua DPRD Muarojambi Minta Proses Pencoklitan Harus Faktual
Proses Coklit yang Dilakukan di Muarojambi (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPUD Muarojambi saat ini tengah melakukan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) para pemilih yang akan menyumbangkan suaranya di Pilgub 9 Desember 2020 mendatang. Ada 917 PPDP yang bertugas melakukan Pencoklitan tersebut selama rentang waktu satu bulan.

"Proses Pencoklitan ini dilakukan sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. Daftar pemilih dilakukan pemutakhiran hingga nanti ditetapkanlah Daftar Pemilih Tetap yang akan menyumbangkan hak suaranya pada Pilgub mendatang," kata Komisioner KPUD Muarojambi Edison Minggu (19/7/20).

Ketua DPRD Muarojambi Yuli Setia Bhakti meminta proses petugas PPDP ini melakukan proses Pencoklitan secara benar. Menurut dia, dengan data pemilih yang faktual dan up to date maka jaminan masyarakat di Muarojambi terdaftar sebagai pemilih bisa terakomodasi dengan baik. 

"Harus didata dan dimutakhirkan dengan faktual. Mana data pemilih yang ganda ataupun sudah meninggal itu memang benar-benar harus didata sehingga nantinya semua calon pemilih di Muarojambi ini bisa menggunakan hak pilihnya," kata Yuli.

Menurut Politisi PDIP ini, dalam rentang waktu sejak pilpres 2019 lalu, tentu terjadi perubahan pada data pemilih. Banyak pemilih pemula yang saat Pemilu serentak lalu belum bisa menggunakan hak pilihnya, saat ini sudah bisa memilih. Saat dilakukan Pencoklitan di kediamannya, di Desa Mekarsari Makmur Kecamatan Sungaibahar, petugas PPDP ini menjalankan tugasnya dengan baik dan sesuai protokol COVID-19. 

"Kita apresiasi petugas KPU di lapangan yang sudah melaksanakan tugas pemutakhiran ini dengan baik. Tentunya, di tengah Pandemi saat ini harus dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19. Dan saat Pencoklitan di kediaman saya dan sepanjang pemantauan saya itu sudah berjalan dengan baik," kata dia.(adv)