Pasien Positif Corona Bisa Gunakan Hak Pilih, Begini Caranya

Berdasarkan data dari Tim Satuan Tugas Kabupaten Muarojambi, saat ini ada 91 kasus konfirmasi positif yang masih dirawat di ruang isolasi

Pasien Positif Corona Bisa Gunakan Hak Pilih, Begini Caranya
Ilustrasi

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Berdasarkan data dari Tim Satuan Tugas Kabupaten Muarojambi, saat ini ada 91 kasus konfirmasi positif yang masih dirawat di ruang isolasi. Di hari pencoblosan nanti, KPUD Muarojambi telah mempersiapkan regulasi atau cara khusus agar hak suara pasien terkonfirmasi ini bisa terakomodasi. 

"Tentu mereka tetap menyalurkan hak pilih mereka. Kita yang jemput bola tentu dengan protokol ketat," kata Ketua KPUD Muarojambi Elfi Prasetia Selasa (8/12/20). 

Elfi juga menyebut pihaknya bakal meminta data jumlah pasien yang saat ini menjalani isolasi, baik di rumah sakit Ahmad Ripin maupun di Balai Diklat BKD. Nantinya, kata Elfi, petugas KPPS terdekat lah yang akan mengantarkan surat suara bagi mereka. 

"Untuk tulang tengah diisolasi ini nanti menggunakan hak suaranya di TPS terdekat. Anggota KPPS terdekat mengunjungi yang bersangkutan dengan APD lengkap sehingga bisa menggunakan hak suaranya," kata Elfi.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Muarojambi membenarkan jika hingga Selasa (8/12/20) ada 91 kasus konfirmasi di Muarojambi yang dalam keterangannya tengah dirawat. Namun demikian, tidak semua dirawat di Muarojambi. Ada yang dirawat di Bapelkes Provinsi Jambi, dan RSUD Raden Mattaher. 

"Dari jumlah tersebut juga ada yang melaksanakan isolasi mandiri di rumah dan ada juga yang akan segera pulang dari ruang isolasi. Nah tentunya data tersebut akan kita faktual kan," kata Yes Isman.

Dari data yang dimiliki saat ini, kata Yes Isman, ada 35 orang yang ini tengah menjalani masa isolasi. 1 dirawat di rumah sakit Ahmad Ripin dan 34 di balai Diklat BKD Muarojambi.

"Dari data yang kita punya semua pasien ini sudah dewasa dan berumur di atas 21 tahun," kata Yes Isman.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi