Pasien Terlantar Karena Rujukan, Pelayanan RSU MHA Thalib Kerinci Dikeluhkan

Pelayanan RS Umum MHA Thalib Kabupaten Kerinci dikeluhkan lantaran dianggap tidak maksimal.

Pasien Terlantar Karena Rujukan, Pelayanan RSU MHA Thalib Kerinci Dikeluhkan
RSUD Kerinci (Ega Roy/brito.id)

BRITO.ID, BERITA KERINCI - Pelayanan RS Umum MHA Thalib Kabupaten Kerinci dikeluhkan lantaran dianggap tidak maksimal.

Hal ini menimpa salah seorang pasien warga Desa Tanjung Pauh Mudik, Kecamatan Danau Kerinci Barat, Kabupaten Kerinci. Diketahui hingga sekarang masih terlantar di RS Umum MHA Thalib menunggu keluar surat rujukan.

"Pasien harus dirujuk ke Padang karena mengelami luka parah di kaki," kata Toni Keluarga pasien, Rabu (15/7/2020) malam.

"Dari jam 5 tadi hingga sekarang belum keluar surat rujukan, alasan yang diberikan sungguh tidak masuk akal. Kok nunggu WA dari orang Padang, memang tidak bisa melalui telepon," tambah Toni dengan nada kesal.

Direktur RS Umum MHA Thalib Iwan, dikonfirmasi tidak mengangkat telepon dan di SMS tidak ada balasan. Sementara Kabid Pelayanan RSU MHA Thalib, Nafrizal menjelaskan jika rujukan kini harus melalui aplikasi sistem terintegrasi.

"Kalau RS rujukan belum jawab oke, memang kito tidak boleh kirim pasien, dulu pernah pihak keluarga minta rujuk tapi sistem belum oke, maka terlantar pasien lebih 4j am di luar IGD M Jamil Padang," terangnya.


"Beda rumah sakit, bukan masalah umum dengan BPJS itu. Tergantung jawaban dari rumah sakit yg dituju. Pertama tadi ke M Jamil yang ini ke Kartika kato petugas kito," tutupnya. 

Penulis: Ega Roy
Editor: Ari