Pemilik 56 Ribu Benih Lobster di Lebak Bandung Mulai Disidang

Pemilik 56 Ribu Benih Lobster di Lebak Bandung Mulai Disidang

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pemilik benih lobster di Jambi yang diselundupkan menjalani sidang perdana, Senin (25/02). Sebelumnya sejumlah pelaku pengemas benih lobster, yang berada di Lebak Bandung Kecamatan Jelutung, Kota Jambi beberapa waktu lalu sudah dijatuhi hukuman.

Pemilik yang bernama Hasan Alias Andi, ditangkap dan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jambi. Oleh Jaksa Penuntut Umum JPU) Kejari Jambi, Hasan didakwa bersalah telah melakukan atau turut serta melakukan perbuatan dengan sengaja memasukkan, mengeluarkan, mengedarkan atau memelihara ikan yang merugikan masyarakat atau lingkungan ke luar wilayah pengelolaan perikanan Republik Indonesia. 

"Hal tersebut sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 ayat (1) UU RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana telah diubah dengan UU RI No.45 tahun 2009 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan," kata Jaksa Rendy.

Dalam kasus ini, Hasan merupakan satu terdakwa baru dari sejumlah terdakwa lainnya, yang sebelumnya telah dijatuhi hukuman penjara. Kasus ini terbongkar oleh aparat, setelah adanya laporan masyarakat terkait adanya pengiriman benih lobster yang dibeli dari para nelayan, di daerah Sukabumi Jawa Barat, untuk dibawa ke daerah Jelutung Jambi.

Setelah dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan, aparat menemukan 56.306 ekor benih lobster milik terdakwa Hasan. Lobster itu berada dikolam penyegaran beserta peralatan packing. (red)