Permudah Akses Warga, Pemkot Jambi Bangun 4 Jembatan

Permudah Akses Warga, Pemkot Jambi Bangun 4 Jembatan
Wawako Maulana Saat Meninjau Jembatan Baru (Dewi Anita/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Dinas PU PR Kota Jambi telah membangun 4 jembatan tahun ini. Total anggaran untuk membangun jembatan tersebut adalah kurang lebih Rp 9,5 miliar.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, saat meninjau salah satu jembatan yang dibangun tahun ini mengatakan, bahwa pembangunan dan pemerataan infrastruktur akan terus dilakukan. Hal ini untuk mempermudah akses masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Salah satu yang kita tinjau ini Jembatan Walisongo. Progresnya sudah 100 persen, dan sudah bisa dilalui masyarakat," kata Maulana.

Maulana menambahkan, jembatan Walisongo ini selain diperbaiki juga akan ditata penampung air sungainya. Hal ini guna mengurangi banjir di wilayah Kembar Lestari, Bougenville, dan kawasan lainnya.

"Makanya dengan selesainya dibangun jembatan ini, titik banjir di wilayah tersebut sudah dikurangi. Dan tahun depan akan diselesaikan lagi dua jembatan dan normalisasi," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Jambi, Agustiawan sebelumnya mengatakan bahwa 4 jembatan yang dibangun tersebut antara lain adalah Jembatan di Walisongo, Jembatan Kompleks Perumnas Aurduri, Jembatan Perum Aster Biru, dan Jembatan Koni 1.

"Itu usulan masyarakat untuk mengatasi banjir di wilayah itu," kata Agus.

Dikatakannya, kondisi jembatan tersebut sudah banyak yang mengecil, dimana sudah banyak terjadi sedimentasi dan pengecilan.

Dia merincikan untuk pembangunan Jembatan Walisongo pemerintah menggelontrokan dana sebesar Rp 2.970.700.000.

Agus menambahkan untuk pembangunan jembatan jalan masuk Perum Aster Biru pemerintah menganggarkan sesar Rp 2.163.700.000. Jembatan koni 1 dengan nilai anggaran Rp 1.680.000.000. Sementara jembatan Komplek Perum Aurduri pemerintah menganggarkan sebesar Rp 2.671.000.000.

Dirinya berharap pembangunan tersebut dapat memperlancar akses masyarakat. Selain itu juga dapat mengatasi persoalan banjir di Kota Jambi.

"Ini kita lebarkan semua, jadi mudah-mudahan tidak ada penyempitan dan penumpukan sampah," pungkasnya. 

Penulis: Dewi Anita

Editor: Rhizki Okfiandi