Perusahan Baru Wajib Siapkan Kelengkapan Alat Damkar

Perusahan Baru Wajib Siapkan Kelengkapan Alat Damkar
Zakwan. (Arfandi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) bersama Instansi terkait baru-baru ini sudah melakukan pengecekan kelengkapan alat pemadam kebakaran milik perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten Sarolangun. 

"Perusahaan besar sudah lengkap seperti KDA, PT SAL sudah menyiapkan 80 persen lah, kalau perusahan kecilkan itu sesuai izinnya dan luas lahan, 1.000-5.000 hektar itu sekian," kata Zakwan Kepala TPHP saat dikonfirmasi, Senin (02/09/2019).

Kata Zakwan bahwa kelengkapan alat pemadam kebakaran ini mulai dari mobil pemadam kebakaran. Kemudian petugas, helm, tengki air, embung, parit atau sumber-sumber air di lokasi perusahaan. 

"Banyak persyaratan, harus punya masker sekian, helm sekian, pasukan satu regu. Kemudian ada tengki air, sumber air, embung, atau patut antar blok, mobil pemadam kebakaran, sejauh ini baiklah," katanya. 

Ia juga menyebutkan bahwa pada musim kemarau ini yang diperkirakan akan berakhir pada bulan Oktober. Partisipasi perusahaan dalam menanggapi kebakaran lahan di wilayahnya cukup tinggi. 

Bahkan, lokasi di sekitar milik perusahaan juga turut jadi perhatian, ketika ada kebakaran lahan. 

"Rata-rata perusahaan kalau tahu ada kebakaran lahan di wilayah lahannya sendiri, begitu juga lokasi yang ada di sekitar perusahaan atau mendekati, juga ditanggapi dengan membantu pemadaman kalau dia tahu. Kalau dia (perusahaan) tidak tahu, kami yang kasih tahu," katanya. 

"Perusahaan belum melaporkan, tapi kalau ada titik api, langsung cepat dimatikan. Cuma ada beberapa lahan perusahaan dan kebun masyarakat yang terbakar. Maka kita himbau harus jaga lahan masing-masing, dan Perusahaan dengan masyarakat kita harapkan dapat bersinergi dalam penanganan kebakaran lahan ini," pungkasnya. (RED)

Reporter : Arfandi S