Ribuan Mesin Penambang Bitcoin Diratakan oleh Polisi

Kepolisian Miri, Serawak, Malaysia menghancurkan 1.069 mesin yang digunakan untuk menambang Bitcoin. Ribuan mesin tersebut disita kepolisian dalam jumlah penggrebekan selama periode Februari hingga April. Ribuan mesin diperkirakan bernilai 5,3 juta ringgit atau sekitar Rp 18,2 miliar (kurs Rp 3.400

Ribuan Mesin Penambang Bitcoin Diratakan oleh Polisi
Ribuan CPU yang disita kepolisian Miri, Serawak, Malaysia rata dengan tanah silih berganti dengan alat berat. (Facebook)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Kepolisian Miri, Serawak, Malaysia menghancurkan 1.069 mesin yang digunakan untuk menambang Bitcoin. Ribuan mesin tersebut disita kepolisian dalam jumlah penggrebekan selama periode Februari hingga April.

Ribuan mesin diperkirakan bernilai 5,3 juta ringgit atau sekitar Rp 18,2 miliar (kurs Rp 3.400).

Penyitaan dan penjualan mesin penambang Bitcoin tersebut dilakukan di atas dakawaan pencurian pasokan listrik. Menurut laporan beberapa media setempat, pencurian pasokan listrik sangat mengkhawatirkan karena dapat menyebabkan pemadaman total.

Sejak bulan Februari hingga April lalu, perusahaan listrik negara Malaysia, Sarawak Energy Berhad menggandeng kepolisian untuk melakukan operasi pencurian pasokan listrik oleh penambang mata uang kripto. Polisi pun menggerebek sebagian lokasi di sekitar Kota Miri.

Kepala Kepolisian Hakemal Hawari mengatakan mereka menangkap enam orang yang kini ditahan karena keterlibatannya dalam operasional penambangan mata uang kripto.

"Total enam orang berhasil dihukum berdasarkan pasal 379 KUHP untuk mencuri listrik berupa denda 8.000 ringgit (sekitar Rp 27,5 juta) serta kurungan hingga delapan bulan," jelas Hawari, dirangkum KompasTekno dari The Star, Selasa (20/7/2021) .

Selain melakukan penangkapan dan penyitaan, polisi juga menghancurkan rumah yang digunakan para penambang Bitcoin.

Hawari mengatakan, perusahaan listrik Malaysia merugi hingga 8,4 juta ringgit (sekitar Rp 28,9 miliar) akibat aktivitas penambangan Bitcoin di kawasan Miri.

"Pencurian listrik untuk penambangan Bitcoin menyebabkan pemadaman listrik yang sering terjadi, dan di tahun 2021 tiga rumah karena pasokan listrik ilegal," jelas Hawari.

Sebagai informasi, mata uang kriptoe seperti Bitcoin yang dihasilkan melalui perhitungan rumit di komputer atau disebut dengan penambangan atau penambangan.

Sumber: Kompas.com
Editor: Ari