Satgas Kebersihan Pekanbaru Tindak 32 Pelanggar Buang Sampah Sembarangan

Satgas Kebersihan Pekanbaru Tindak 32 Pelanggar Buang Sampah Sembarangan
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memungut sampah plastik, termasuk yang berada di dalam got, serta sempat menegur pemilik warung yang membuang sampah sembarangan, Minggu (14-7-2019). (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA PEKANBARU - Tim Satuan Tugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru selama tahun ini telah menindak 32 orang yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru melalui Kasi Penegakan Hukum Lingkungan Rubi Adrian di Pekanbaru, Minggu (28/7), mengatakan bahwa warga yang melangar aturan itu juga membuang sampah di tempat pembuangan di luar jadwal.

Hingga saat ini, tim satgas menindak 32 orang yang buang sampah seenaknya. Petugas langsung menindak mereka dengan menyita kartu tanda penduduk (KTP) pelaku hingga pelaku bayar denda.

"Jadi, kami tidak cuma menindak pembuang sampah sembarangan, tetapi mereka yang bakar sampah sembarangan juga ditindak," ujar Rubi Adrian.

Petugas tidak segan menyita KTP para pembuang sampah sembarangan. Walau sempat ada penolakan dari sejumlah pelaku, akhirnya mereka menaati.

Besaran denda sendiri bergantung pada volume sampah yang dibuang. Besaran minimal denda sebesar Rp250 ribu sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Pekanbaru Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah.

Besaran denda diatur dalam Peraturan Wali Kota Pekanbaru Nomor 134 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Admistrasi terhadap pelanggaran peraturan daerah itu.

Ia juga meningatkan masyarakat buang sampah di tempat pembuangan sementara (TPS). Masyarakat bisa membuangnya sesuai dengan jadwal, yakni pukul 19.00 hingga 05.00 WIB.

Sampah saat ini menjadi salah satu masalah di Ibu Kota Provinsi Riau ini. Membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan banjir, menimbulkan penyakit, dan mengganggu keindahan.

"Mari kita jaga lingkungan, salah satunya tidak membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Tim satgas saat ini rutin melakukan patroli di sejumlah lokasi untuk mengurangi aksi warga yang membuang sampah sembarangan.

Tim akan menindak tegas warga yang melanggar sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku.(RED)