Satu WNI di Taiwan Terjangkit Virus Corona

Satu WNI di Taiwan Terjangkit Virus Corona
Istimewa

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Seorang WNI terkonfirmasi terjangkit virus corona di Taiwan. Konfirmasi tersebut disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri RI.

"KDEI (Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia) Taipei telah menerima informasi dari otoritas Taiwan bahwa terdapat 1 orang Pekerja Migran Indonesia/PMI, Pasien No. 32, yang terkonfirmasi positif kasus COVID-19 di Taipei," ucap Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu, Judha Nugraha, dalam keterangan tertulis.

Judha tak mengungkap identitas lengkap WNI itu. Namun, WNI tersebut bekerja ilegal di Taiwan.

"Pekerja migran tersebut berstatus undocumented dan bekerja merawat orang tua. Saat ini dirawat di ruang isolasi di RS di Taipei dan kondisinya stabil," sambung Judha.

Walau WNI itu tak berdokumen, Judha memastikan pemerintah tidak akan lepas tangan.

"KDEI Taipei telah berkoordinasi dengan otoritas kesehatan Taiwan untuk memastikan yang bersangkutan ditangani sebaik mungkin dan akan terus memantau secara dekat kondisi WNI tersebut," jelasnya.

Informasi TKW terkena virus corona ini pertama kali muncul di laman media lokal untuk pekerja Indonesia di Taiwan, SuaraBMI.com. Disebutkan, WNI tersebut adalah orang ke-32 yang menderita virus corona di Taiwan hingga saat ini.

Pusat Pengendalian Penyakit Taiwan dalam pernyataannya tidak menyebut kewarganegaraan pasien ke-32. Namun disebutkan, pasien ke-32 adalah seorang wanita pekerja migran berusia 30 tahunan.

Sumber: kumparan.com
Editor: Ari