Siapa Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa Danjen Kopassus Baru?

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memulai gebrakan awal penataan organisasi dengan memutasi 23 perwira dari tiga matra. Di jajaran perwira tinggi (pati) terdapat Pangkostrad dan Danjen Kopassus yang mendapatkan tugas baru. Mutasi dan promosi jabatan tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Siapa Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa Danjen Kopassus Baru?
Teguh Muji Angkasa saat berpangkat Brigjen (ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memulai gebrakan awal penataan organisasi dengan memutasi 23 perwira dari tiga matra.

Di jajaran perwira tinggi (pati) terdapat Pangkostrad dan Danjen Kopassus yang mendapatkan tugas baru.

Mutasi dan promosi jabatan tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

SK tertanggal 17 November itu diteken Kepala Sekretariat Umum TNI Brigjen TNI Edy Rochmatullah atas nama Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa.

Terdapat pula Danjen Kopassus Mayjen TNI M Hassan yang dipromosikan sebagai Pangdam Iskandar Muda.

Jenderal lulusan Akademi Militer 1993 ini menggantikan Mayjen TNI Achmad Marzuki yang dimutasi sebagai Aster KSAD.

Sedangkan, pengganti Muhammad Hasan adalah Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa yang sebelumnya bertugas sebagai dosen tetap di Universitas Pertahanan (Unhan).

"Jadi, yang keluar kemarin itu hasil dari Wanjakti yang sudah disepakati dan dirapatkan, termasuk pergantian Danjen Kopassus menjadi Pangdam Iskandar Muda di Aceh," imbuh Andika.

Rekam jejak Mayjen Teguh Muji

Meski sebelumnya Mayjen Teguh Muji Angkasa adalah sebagai dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan), perwira lulusan AKABRI 1989 ini bukanlah orang baru di lingkungan Kopassus.

Teguh Muji sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal Kopassus.

Muji sebelumnya juga pernah menjadi Asisten Intelijen Danjen Kopassus periode 2011-2013 ketika berpangkat kolonel.

Muji kemudian dipercaya menjadi Asisten Intelijen Kasdam V/Brawijaya.

Ia kemudian dipromosikan sebagai Komandan Korem 161/Wira Sakti dan Kasdam IV/Diponegoro.

Teguh Muji Angkasa menggantikan Mayjen TNI Muhammad Hasan yang dipromosikan menjadi Pangdam Iskandar Muda, Aceh. Jendral bintang dua kelahiran 11 Juni 1967 ini juga gemar dalam melakukan kegiatan olahraga ekstrem yakni motor trail.

Saat menjabat Danrem 161/Wira Sakti Teguh Muji Angkasa bersama rombongan sempat melakukan jelajah tapal batas menggunakan sepeda motor trail.

Dia bersama tim jelajah sempat menginap di Kompi E Yonif RK 744/SYB yang terletak di Dusun Wemasa, Desa Litamali, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT.

Posisinya di Kopassus bukan baru kali ini, sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Kepala Penerangan Kopassus (2010-2011) dan Asisten Intelijen Danjen Kopassus (2011-2013) hingga Wakil Danjen Kopassus (2016-2017).

Selain di Kopassus dia sempat menjadi Komandan Korem 161/Wira Sakti (2017-2018), Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro (2018-2020), Perwira Staf Ahli Tingkat II Kasad bidang Was Eropa dan Amerika (2020), Perwira Staf Ahli Tingkat III KSAD bidang Politik Keamanan Nasional (2020-2021) kemudian Dosen Universitas Pertahanan (2021).

Berikut daftar lengkap 23 perwira TNI yang dimutasi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa:

1. Letjen TNI Dudung Abdurachman dari Pangkostrad menjadi KSAD.

2. Letjen TNI Ganip Warsito dari Kepala BNPB menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

3. Mayjen TNI Suharyanto dari Pangdam V Brawijaya menjadi Kepala BNPB.

4. Mayjen TNI Nurchahyanto dari Aster KSAD menjadi Pangdam V Brawijaya.

5. Mayjen TNI Achmad Marzuki dari Pangdam IM menjadi Aster KSAD.

6. Mayjen TNI Muhammad Hasan dari Danjen Kopassus menjadi Pangdam Iskandar Muda.

7. Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa dari Dosen Tetap Unhan menjadi Danjen Kopassus.

8. Mayjen TNI Gregorius Henu Basworo dari Pa Sahli Tk III KSAD Bid Wassus dan LH menjadi Dosen Tetap Unhan.

9. Brigjen TNI Bahman dari Dirdiklat Pusterad menjadi Pa Sahli Tk III KSAD Bid Wassus dan LH.

10. Brigjen TNI Farid Makruf dari Danrem 132/Tadulako (Palu) Kodam XIII/Merdeka menjadi Dirdiklat Pusterad.

11. Brigjen TNI Toto Irwanto dari Waaster KSAD Bid Tahwil Komsos dan Bakti TNI menjadi Danrem 132/Tadulako (Palu) Kodam XIII/Merdeka.

12. Brigjen TNI Junaedi dari Kapoksahli Pangdam I/BB menjadi Waaster KSAD Bid Tahwil Komsos dan Bakti TNI.

13. Kolonel Arm Immer Hotma Partogi Butarbutar dari Kasrem 181/PVT (Sorong) Kodam XVIII Kasuari menjadi Kapoksahli Pangdam I BB.

14. Marsda TNI Budi Prasetyono dari Pa Sahli Tk III Bid Ekkudag Panglima TNI menjadi Staf Khusus KSAU.

15. Marsma TNI dr Didik Kestito dari Waka Puskes TNI menjadi Pa Sahli Tk III Bid Ekkudag Panglima TNI.

16. Marsma TNI M Daradjat dari Staf Khusus KSAU menjadi Waka Puskes TNI.

17. Marsma TNI Petrus H Sujatmoko dari Pa Sahli Tk II Poldagri Sahli Bid Polkamnas Panglima TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI.

18. Kolonel Tek Surip Suparjo dari Dirharsenban Koharmatau menjadi Pa Sahli Tk II Poldagri Sahli Bid Polkamnas Panglima TNI.

19. Brigjen TNI Eko Ganento Utomo dari Pa Sahli Tk II Bid Banusia Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

20. Kolonel Arm Djonny Indramawan dari Kadep Faljuang Sesko TNI menjadi Pa Sahli Tk II Bid Banusia Panglima TNI.

21. Laksda TNI Suratno dari Tenaga Ahli Pengkaji Bid Wawasan Nusantara Lemhannas menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun).

22. Laksma TNI Tedjo Sukmono dari Deputi Bid Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan BNPP (Basarnas) menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun).

23. Kolonel Sus Arif Wicaksono dari Kasubdis Kermajiankum Diskumau menjadi Panitera Dilmaltama Mahkamah Agung.

Pos Pangkostrad masih kosong

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan akan menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal rencana Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) terkait jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis (Pankostrad) yang saat ini masih kosong.

Andika mengatakan setelah Wanjakti digelar baru akan ada usulan dari Mabes TNI tentang siapa-siapa saja Perwira Tinggi TNI yang dapat menempati jabatan tersebut.

Ia mengatakan, setelahnya Presiden Jokowi baru akan memutuskan siapa yang akan mengisi jabatan Pangkostrad baru.

"Pangkostrad baru, saya baru merencanakan untuk menghadap Presiden dulu supaya kita akan laporkan untuk rencana Wanjakti. Setelah itu mungkin baru akan ada arahan atau usulan dari kami yang nanti akan diputuskan oleh Presiden," kata Andika di Mabes Angkatan Laut pada Senin (22/11/2021).

Seperti diketahui, jabatan Pangkostrad sebelumnya dijabat oleh Letjen TNI Dudung Abdurachman.

Saat ini jabatan Pangkostrad masih kosong selepas Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Sumber: Tribunnews.com
Editor: Ari