2019 Pemerintah Pusat Anggarkan Rp38 Miliar Teruskan Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung

Sempat tertunda saat pemerintahan Gubernur Jambi Zumi Zola, kini proyek Pelabuhan Ujung Jabung dilanjutkan kembali. Menurut Kapala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra pelabuhan ini membutuhkan anggaran sekitar Rp150 miliar, baru bisa beroperasi.

2019 Pemerintah Pusat Anggarkan Rp38 Miliar Teruskan Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Sempat tertunda saat pemerintahan Gubernur Jambi Zumi Zola, kini proyek Pelabuhan Ujung Jabung dilanjutkan kembali. Menurut Kapala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra pelabuhan ini membutuhkan anggaran sekitar Rp150 miliar, baru bisa beroperasi.

  ARTIKEL TERKAIT
Sampai Beroperasi Pelabuhan Ujung Jabung Masih Butuh Rp150 Miliar

Menurut dia untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan pelabuhan, pada tahun 2013 Pemerintah Provinsi Jambi telah melaksanakan pembebasan lahan seluas 101 hektare (termasuk parit/sungai kecil) yang diperuntukkan sebagai kawasan pelabuhan. Kemudian pelaksanaan pembangunan fisik pelabuhan dimulai pada tahun 2014 oleh Kementerian Perhubungan dan setiap tahun dianggarkan melalui APBN.

"Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, perkembangan pembiayaan untuk pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung sampai dengan tahun 2017 telah dialokasikan sebesar Rp173,4 miliar lebih," kata Varial, seperti dikutip Antara.

Sedangkan pada tahun 2018 dialokasikan anggaran sebesar Rp38 miliar yang direncanakan untuk pekerjaan Pelabuhan CPO, pengadaan dan pemancangan end tower dan platform, pengadaan dan pemancangan middle tower serta pengadaan dan pemancangan breasthing dolphin.

Namun pekerjaan itu tidak dapat dilaksanakan dikarenakan sampai saat ini status penganggarannya masih bertanda bintang. "Anggaran yang bertanda bintang oleh Kementerian Perhubungan diupayakan akan disalurkan pada tahun 2019 mendatang," katanya menambahkan.

Kawasan Pelabuhan Ujung Jabung di perairan timur Jambi tepatnya di Sungai Itik itu dibangun di atas lahan seluas 4.200 hektare. Kawasan tersebut juga sudah tetapkan sebagai kawasaan strategis yang dipertegas melalui Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jambi.

  BACA JUGA
Geger! Satu Rumah Milikdi Tanjung Raden Seberang Kota Jambi Ludes Dilahap Api

Pelabuhan Ujung Jabung itu digadang-gadang menjadi kawasan ekonomi terpadu Provinsi Jambi yang dapat menopang ekonomi strategis daerah berupa pertanian, perkebunan dan pertambangan/migas. (*)