32.298 Jiwa Belum Lakukan Perekaman Tapi Blanko e-KTP di Batanghari Tinggal 1.700 Lembar

32.298 Jiwa Belum Lakukan Perekaman Tapi Blanko e-KTP di Batanghari Tinggal 1.700 Lembar

BRITO.ID, BERITA BATANGHARI - Terdapat 32.298 jiwa wajib rekam Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik e-KTP di Batanghari belum melakukan perekaman. Ini diakui Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Batanghari, Ade Pebriandi melalui Kabid Pengelolaan Data dan Dokumen Kependudukan (Pengduk) pada Dukcapil, Saltaut Supaji Yaminlubis di Muarabulian.

Saltaut mengatakan, dari data yang tercatat di Dinas Dukcapil setidaknya tercatat hingga Juli 2018, ada 186.610 jiwa atau 85,25 persen wajib e-KTP sudah melakukan perekaman dari jumlah wajib e-KTP 218.908 jiwa.

  BACA JUGA
Ditolak Keluarga, WA Korban Hubungan Sedarah di Batanghari Dititipkan di Panti Sosial Jambi

"Realisasi perekaman KTP hingga Juli 2018 ada 186.610 jiwa atau sudah 85,25 persen dari wajib KTP 218.908 jiwa," kata dia.

Untuk mengejar target realisasi perekaman e-KTP itu, kata dia, Dukcapil hingga kini masih melakukan program jemput bola ke lapangan. Meskipun terkadang di lapangan petugas sedikit menemui kendala.

Seperti saat petugas ke lapangan, wajib e-KTP nya tidak ada di tempat. "Yang jelas kita terus lakukan program jemput bola ke lapangan untuk mengejar target itu," tegasnya.

Saltaut mengakui jika untuk fisik e-KTP 186.610 jiwa yang sudah melakukan perekaman itu, secara keseluruhan sudah didistribusikan kepada yang bersangkutan. "Untuk fisik KTP nya sudah didistribusikan kepada yang bersangkutan," katanya.

  BACA JUGA
M Syukur: Pelajar Harus Tumbuhkan Rasa Persatuan dan Kesatuan

Sementara ditanya terkait persediaan blanko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Batanghari saat ini hanya tersisa 1.700 lembar. Meskipun demikian, dirinya meminta masyarakat untuk tidak khawatir tak kebagian giliran mengantongi e-KTP yang berlaku seumur hidup itu. (red)