4 Orang Penderita HIV/AIDS di Tanjab Barat Meninggal

4 Orang Penderita HIV/AIDS di Tanjab Barat Meninggal
Ilustrasi. (Ist)

BRITO.ID, BERITA TUNGKAL - Dinas Kesehatan Tanjab Barat mencatat, tahun 2019 kasus HIV/AIDS di Tanjab Barat mengalami penurunan. 

Dari 8 orang yang dilaporkan,  keseluruhannya di diagnosa mengidap HIV/AIDS. 4 diantaranya meninggal dunia. 

Kabid P2PL Dinas Kesehatan Tanjab Barat dr Johannes menjelaskan, kedelapan orang sudah di diagnosa positif mengidap HIV/AIDS. 

Dari laporan surveilans HIV/AIDS triwulan I tahun 2019 Dinas Kesehatan mendapati laporan 6 orang yang di diagnosa HIV/AIDS. 3 Orang dinyatakan meninggal dunia. 

Dan laporan triwulan II dilaporkan ada 2 orang yang di diagnosa sama. Satu meninggal dunia. 

"Untuk 4 orang ini masih kita awasi dan kita pantau melalui pukesmas terdekat. Seluruhnya berdomisili di tanjab barat," terangnya saat dijumpai di ruang kerjanya Rabu (18/9).

Tahun ini kata Johannes kasus HIV/AIDS di tanjab barat tidak mengalami peningkatan. Tahun 2018 dilaporkan ada 8 orang, 3 orang meninggal dunia. 

"Jadi seluruh penderita tetap mendapat pengawasan, pengobatan dan pengarahan dari kami," tegasnya. 

Dinas Kesehatan juga tengah melakukan program pengawasan dan pemantauan terhadap kasus HIV/AIDS di Tanjab Barat dengan memeriksa seluruh ibu hamil di Tanjab Barat. 

"Kita bekerja sama dengan seluruh pukesmas untuk memeriksa sempel darah  ibu  hamil. Dan hasilnya nihil tidak ditemukan kasus HIV. Dan untuk seluruh penderita yang kita pantau semua hidup normal dan seperti warga biasa," tukasnya. (RED)

Kontributor : Heri Anto