7 Pelaku Pelemparan Molotov ke Markas PDIP Ditangkap, Benarkah Terkait Pembakaran Bendera di DPR?

Polisi menangkap 7 orang pelaku pelemparan bom molotov ke markas PAC PDIP Cileungsi, Bogor. Berdasarkan pemeriksaan sementara, pelemparan itu berkaitan dengan pembakaran saat demo di depan gedung DPR RI beberapa waktu lalu.

7 Pelaku Pelemparan Molotov ke Markas PDIP Ditangkap, Benarkah Terkait Pembakaran Bendera di DPR?
Kombes Erdi A Chaniago (ist)

BRITO.ID, BERITA BOGOR - Polisi menangkap 7 orang pelaku pelemparan bom molotov ke markas PAC PDIP Cileungsi, Bogor. Berdasarkan pemeriksaan sementara, pelemparan itu berkaitan dengan pembakaran saat demo di depan gedung DPR RI beberapa waktu lalu.

"Motifnya sejauh ini berdasarkan keterangannya, ini ada ketidaksukaan terhadap terjadinya pembakaran bendera pada saat di DPR," ucap Kabid Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (24/8/2020).

Erdi tak menjelaskan secara rinci bendera apa yang dibakar. Namun penelusuran detikcom, beberapa aksi di depan gedung DPR RI ada dua insiden yakni berupa pembakaran bendera PDIP dan perusakan poster Habib Rizieq Syihab.

Saat disinggung lebih rinci, Erdi belum bisa menjelaskan terkait insiden yang mana yang jadi pemicu pelemparan molotov itu

"Yang jelas pada saat itu ada kejadian di DPR dan itu yang menjadi permasalahan, atau salah satu motif dari mereka," katanya.

Erdi menambahkan pihaknya masih mendalami motif lain dari pelemparan bom molotov itu. Pemeriksaan terhadap ketujuh orang pelaku masih dilakukan Polres Bogor.

"Motif lainnya kita dalami lagi," katanya.

Teror bom molotov itu terjadi di tiga lokasi. Lokasi pertama terjadi di kantor PAC PDIP Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor pada Selasa (28/7) lalu. Diketahui ada tiga kali lemparan ke kantor tersebut yang mengakibatkan kerusakan.

Kerusakan pertama terdapat di bagian pintu utama. Kemudian mobil yang terparkir di lokasi kejadian juga dilempar molotov meski tidak mengalami kerusakan yang cukup parah.

Sehari berselang atau pada Rabu (29/7) pukul 01.30 WIB, teror bom molotov kembali terjadi di kantor PAC Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Seperti di Megamendung, ada tiga kali lemparan ke kantor tersebut.

Terakhir insiden pelemparan bom molotov terjadi di kantor DPC PDIP Kabupaten Cianjur. Insiden tersebut terjadi dini hari tadi atau Jumat (7/8/2020) sekitar pukul 03.00 WIB.

Sumber: detikcom
Editor: Ari