Adakan Pertemuan dengan Kepala Daerah di Jambi, Ketua KPK Malah Didemo Ratusan Mahasiswa

Aliansi Mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Gubernur Jambi. Rombongan mahasiswa dari sejumlah Universitas di Jambi telah mendatangi Kantor Gubernur Jambi, di kawasan Telanaipura, Jambi.

Adakan Pertemuan dengan Kepala Daerah di Jambi, Ketua KPK Malah Didemo Ratusan Mahasiswa
Demonstrasi Mahasiswa di Kantor Gubernur Jambi (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Aliansi Mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Gubernur Jambi. Rombongan mahasiswa dari sejumlah Universitas di Jambi telah mendatangi Kantor Gubernur Jambi, di kawasan Telanaipura, Jambi. 

Yang mana dikabarkan bahwa pada hari ini Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) Firli Bahuri bertandang ke Provinsi Jambi, untuk melakukan upaya pencegahan dan tidak korupsi pada proses pengisian jabatan di lingkungan Pemerintahan di Provinsi Jambi. 

Puluhan massa aksi tiba di kawasan Telanaipura sekitar pukul 12.00 WIB. Mereka yang hadir itu tergabung dari Universitas Jambi, Universitas Batanghari dan Stikba dengan membawa tuntutan yakni, pemecatan terhadap 57 pegawai KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). 

Pandu, selaku koordinator lapangan Aliansi Mahasiswa mengatakan, saat ini KPK RI hanya dijadikan sebagai alat untuk penguasa. Yang mana seharusnya KPK bersikap independen, malah sekarang mereka tunduk terhadap aturan Pemerintah.

"Kami yang hadir disini semua mengecam keras dan mendesak ketua KPK untuk mencabut SK pemecatan terhadap 57 pegawai KPK," kata Pandu dalam orasinya. 

Mereka juga meminta dan mendesak agar Ketua KPK RI Firli Bahuri mundur dari jabatannya. Dan juga mereka mendesak KPK RI agar tetap menjaga marwah dari semangat memberantas korupsi yang menjadi tugas utama mereka. 

Desakan mahasiswa tampaknya tak bisa didengar langsung oleh Firli Bahuri. Sebab, hanya Gubernur Jambi, Al Haris yang menemui mereka. 

Gubernur Jambi, Al Haris, menemui massa mahasiswa yang berunjuk rasa. Al Haris pun siap menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan terhadap mahasiswa tersebut. 

"Kalau ada dari teman-teman mahasiswa yang perlu ditindaklanjuti, kita akan terbuka. Silahkan nanti diajukan, yang penting kita sepakat agar Jambi bersih dari korupsi," ujar Al Haris saat menemui massa aksi, Senin 26 September 2021.

Al Haris juga mengatakan, bahwa dirinya sependapat untuk memberantas korupsi, dan menciptakan Provinsi Jambi menjadi daerah yang bersih.

"Pak Firli datang ke Jambi kan untuk memberantas korupsi di Jambi, dengan mengajak Bupati dan Walikota agar berusaha tetap bersih dalam pembangunan Jambi," kata Al Haris. 

Namun, dengan kedatangan Al Haris rupanya tak juga membuahkan hasil. Nyatanya, massa dari kalangan mahasiswa itu menolak. Sontak mereka hanya ingin meminta Ketua KPK RI, untuk datang menemuinya. 

"Yang kami minta itu pak Firli. Kami hanya ingin pak Firli yang datang ke sini untuk menemui kami, dan tentu saja ini yang menjadi poin penting kami," sebut salah satu mahasiswa yang orasi.

Menanggapi hal tersebut, Al Haris menjawab langsung permintaan terhadap massa tersebut. Dikatakan Al Haris bahwa dirinya siap akan menyampaikan apa yang diinginkan dan apa yang menjadi tuntutan oleh semua massa aksi. 

"Yang jelas, kita akan melaporkan nanti. Dari sekian tuntutan teman-teman tugas kami hanya melaporkan kalau ada mahasiswa yang ingin bertemu, sekian terimakasih ya semuanya," tutup Al Haris sembari meninggalkan massa aksi. 

Kontributor: Loadry Apryaldo

Editor: Rhizki Okfiandi