Agus Roni: Hari Pahlawan Wujudkan Semangat Bhinneka Tunggal Ika

Agus Roni: Hari Pahlawan Wujudkan Semangat Bhinneka Tunggal Ika

BRITO.ID BERITA JAMBI - Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Jambi Agus Roni memaknai hari pahlawan sebagai penghayatan kembali atas makna Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila. 

Menurut dia, akhir-akhir ini persatuan kita sebagai sebuah bangsa mulai terkikis dengan pemahaman agama yang fundamental, serta intoleran atas perbedaan yang terjadi di masyarakat.

"Salah satu pilar berbangsa dan bernegara yang harus dihayati dan dijalankan yaitu Bhinneka Tunggal Ika serta pancasila," kata Agus Roni.

Hakekat Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila mengandung nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk mencapai tujuan negara. Yaitu melindungi segenap bangsa, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. 

"Memasuki tahun politik, kebhinnekaan tunggal ika dan Pancasila menjadi energi positif yang terus berproses dalam menghadapi perbedaan. Jangan sampai perbedaan pilihan dan pandangan kita mampu memecah rasa persatuan sebagai bangsa Indonesia," kata Agus Roni, Ketua DPW Partai Nasden Provinsi Jambi. 

Menurut Agus lagi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi jati diri dengan lenturan sikap gotong royong menjadi individual, egois dan menonjolkan sikap matrealistik, etika dan moral.

"Momentum hari pahlawan ini kita jadikan semangat mempersatukan bangsa. Mari bersama-sama membangun bangsa dengan mengingatkan kita terhadap perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaan," pungkas Agus. (sai)