Berkas Perkara Lengkap, KPK Limpahkan Paut Syakarin dan Barang Bukti ke JPU

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas perkara kasus suap uang ketok palu RAPBD Provinsi Jambi Tahun 2017-2018 dengan tersangka, Paut Syakarin beserta barang bukti ke Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada hari ini, Kamis 7 Oktober 2021.

Berkas Perkara Lengkap, KPK Limpahkan Paut Syakarin dan Barang Bukti ke JPU
Ilustrasi

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas perkara kasus suap uang ketok palu RAPBD Provinsi Jambi Tahun 2017-2018 dengan tersangka, Paut Syakarin beserta barang bukti ke Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada hari ini, Kamis 7 Oktober 2021.

Juru Bicara KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri, mengatakan, pelimpahan tersangka Paut Syakarin dan barang bukti dilakukan setelah berkas perkara telah dinyatakan lengkap atau P21 oleh JPU. 

"Dan untuk selanjutnya, penahanan tersangka menjadi kewenangan Tim JPU untuk 20 hari ke depan, terhitung sejak 6 Oktober hingga 25 Oktober 2021," ujar Ali melalui keterangan tertulis kepada wartawan Kamis, 7 Oktober 2021.

Untuk tersangka atas nama Paut Syakarin sendiri, ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) KPK cabang Pomdam Jaya Guntur.

Selanjutnya, kata Ali, Tim Jaksa memiliki waktu 14 hari untuk menyusun surat dakwaan dan melimpahkan ke Pengadilan Tindak Korupsi (Tipikor) Jambi. 

“Persidangan diagendakan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN)Jambi,” katanya. 

Dalam kasus ini, Paut diduga sebagai penyokong dana dan pemberi uang ketok palu tambahan untuk para anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi hingga mencapai sebanyak Rp 2,3 miliar.

Perlu diketahui Paut Syakarin merupakan tersangka baru dalam perkara ini. Paut selaku pengusaha swasta yang merupakan pihak pemberi suap ke-22 tersangka yang sebelumnya sudah diproses oleh KPK.

Kontributor: Loadry Apryaldo
Editor: Rhizki Okfiandi